TfG6TUW8BUO7GSd6TpMoTSd7GA==
,, |

Breaking News

Membanggakan, Mahasiswa ISI Solo Sukses Ikuti ASEAN Global Youth Learning Exchange and Excursion 2024

Hana Loka bersama 43 pemuda di ASEAN mengikuti ajang ASEAN Global Youth Learning Exchange & Excursion

WARTAJOGLO, Solo - Prestasi membanggakan ditorehkan Hana Loka Kusuma Prameswari, mahasiswa Program Studi Seni Karawitan, ISI Solo angkatan 2021, yang berhasil mengikuti ajang bergengsi ASEAN Global Youth Learning Exchange & Excursion 2024. 

Hana bersama 43 pemuda lainnya dari negara-negara Asia Tenggara (ASEAN), berkesempatan untuk mengikuti program ini, yang diadakan di tiga negara, yaitu Malaysia, Singapura, dan Thailand, pada 2-8 Juni 2024.

Program ASEAN Global Youth Learning Exchange & Excursion diinisiasi oleh Studec Internasional, sebuah lembaga NGO swadaya yang berbasis di Asia. 

Lembaga ini fokus pada isu pendidikan serta program-program pengembangan pemuda di kawasan Asia dan Pasifik. 

Sebanyak 44 pemuda yang terlibat dalam kegiatan ini berasal dari berbagai negara seperti Indonesia, Filipina, Vietnam, Kamboja, dan Singapura. Mereka adalah para pemuda pilihan yang berhasil lolos seleksi dari ribuan pendaftar.

Kegiatan exchange ini diselenggarakan dengan dukungan dari School of Economic & Business Universitas Putra Malaysia dan Asosiasi Mahasiswa Melayu Universitas NUS Singapura. 

Menurut Riski, selaku Project Manager Program Exchange, kegiatan ini sangat dinantikan oleh para pemuda di ASEAN, karena tidak hanya memberikan kesempatan belajar di universitas ternama di ASEAN, tetapi juga mempelajari budaya dan mengunjungi perusahaan-perusahaan di kawasan tersebut.

"Selama lima hari, peserta mendapatkan pengalaman berkunjung ke perusahaan New Water Singapura, mengikuti sesi belajar singkat di NUS Singapura, dan menghadiri sesi konferensi di Universitas Putra Malaysia bersama Prof. Dr. Ros, dosen entrepreneurship di UPM," ujar Riski.

Selain kegiatan exchange, peserta juga mengikuti kegiatan sukarela dengan mengajar di komunitas anak Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Kampung Baru, Malaysia. 

Mereka membagikan buku pengetahuan dan mengajarkan pengetahuan, budaya, serta bahasa kepada anak-anak PMI. 

Para peserta juga mengunjungi pusat kopi Malaysia dan Chocolate Factory di Malaysia serta belajar budaya di Singapura, Malaysia, dan Thailand.

Pada hari keempat, peserta berkesempatan untuk mengikuti kegiatan exchange di Hatyai, Thailand. 

Di sana, mereka berkunjung ke perusahaan New Bee Hatyai Thailand dan mengunjungi tempat-tempat bersejarah seperti Explore Songkhla Pharanon Laem Pho, ASEAN Market, Wat Hua Thanon, Wat Hat Yai Nai (The Reclining Buddha), The Dragon Head, dan Klong Hae Floating Market.

Peserta kegiatan ini mendapatkan sertifikat exchange dari tiga negara serta sertifikat resmi dari universitas dan rekomendasi belajar di Malaysia. 

Pengalaman ini diharapkan dapat memberikan manfaat besar bagi para pemuda ASEAN dalam mengembangkan diri dan memperluas wawasan mereka tentang budaya dan industri di kawasan ASEAN. //Ril


Type above and press Enter to search.