POPULER

Melatih Siswa Tanggap Tantangan Zaman di AMSO 2019

Melatih Siswa Tanggap Tantangan Zaman di AMSO 2019

WARTAJOGLO - Seiring perkembangan jaman, tantangan bagi anak-anak bangsa akan semakin keras. Karena itulah diperlukan peningkatan kualitas sumber daya manusia, agar bisa menghadapi segala tantangan dengan baik. Hal ini bisa dilakukan dengan peningkatan mutu di sektor pendidikan. Di mana para guru dituntut untuk semakin kreatif dalam menyajikan pola-pola pengajaran. Sehingga para siswa bisa mendapatkan pengetahuan lebih, dibanding dengan pengajaran biasa.

Hal ini juga yang diinginkan oleh Yayasan Ardhya Garini (Yasarini), yang membawahi Sekolah Angkasa. Pihak yayasan ingin agar sekolah-sekolah Angkasa bisa menjadi sekolah unggulan, yang mencetak siswa siswi berprestasi dan siap bersaing di dunia luar. 

Foto: istimewa
Karena itulah, pihak yayasan secara rutin mengadakan semacam kompetisi di antara sesama sekolah Angkasa. Kompetisi yang diberi nama Angkasa Mathematics and Science Olimpiade (AMSO) ini,  menuntut para siswa yang terpilih, untuk menunjukkan kemampuan mereka dalam berbagai tantangan yang diberikan juri.

AMSO sendiri tahun ini sudah masuk pada penyelenggaraan ke tiga. Di mana dari tahun ke tahun dampaknya cukup signifikan, dalam kaitan peningkatan kualitas dan kreatifitas siswa. Dengan begitu tujuan menyiapkan generasi emas Indonesia, yang akan membebaskan Indonesia dari jebakan pendapatan kelas menengah pada tahun 2045 nanti, bisa terwujud. 

Pembukaan pelaksanaan AMSO 2019 dilakukan oleh Ketua Yasarini Pengurus Cabang Lanud Adi Soemarmo, Lia Adrian P. Damanik. Yang bertindak sebagai inspektur upacara dalam acara pembukaan pada Rabu (23/10) siang.

Dalam upacara itu, inspektur upacara membacakan sambutan dari Ketua Umum Yasarini Nanny Hadi Tjahjanto. Dalam sambutan itu ditekankannpentingnya peningkatan mutu pendidikan  Salah satunya adalah mengubah pola-pola pengajaran yang monoton, menjadi lebih dinamis.  

"Generasi milenial lazimnya cepat jenuh dan menyukai kegiatan dinamis. Apalagi media sosial makin berkembang di kalangan generasi milenial. Sehingga layaknya diimbangi dengan pola pengajaran yang lebih berkualitas," demikian salah satu isi sambutan itu. 

AMSO tahun  2019 ini  diikuti siswa kelas IV dan V SD Angkasa, serta  siswa kelas VII dan VIII SMP Angkasa. Untuk tingkat SD bidang studi yang dilombakan Matematika dan IPA, sedangkan untuk tingkat SMP Matematika, IPA dan IPS.

Kegiatan AMSO pada babak penyisihan ini diikuti semua siswa dalam level kelas yang ditentukan. Selanjutnya akan dipilih siswa terbaik dari perwakilan masing-masing sekolah. Pemenang ini  nantinya mengikuti babak final yang akan dilaksanakan pada tanggal 21-24 November 2019 mendatang di PMPP Sentul Bogor. //sik

Iklan Atas Artikel


 

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel