POPULER

Harapan Persatuan di Peringatan Berdirinya Keraton Surakarta ke - 275

Harapan Persatuan di Peringatan Berdirinya Keraton Surakarta ke - 275


Momentum peringatan berdirinya Keraton Surakarta Hadiningrat diikuti dengan harapan terwujudnya kembali kerukunan antar kerabat keraton

WARTAJOGLO, Solo - Bacaan shalawat dan puji-pujian dalam bahasa Jawa terdengar menggema di Sasana Sumewa Pagelaran Keraton Surakarta Hadiningrat. Ratusan abdi dalem dan sentono tampak khusyu, ikut melafalkan setiap bacaan yang dipimpin oleh para ulama keraton. 

Ya, bertepatan dengan tanggal 17 Suro 1954 yang jatuh pada hari Sabtu, 5 September 2020. Keraton Surakarta Hadiningrat menggelar upacara pengetan hangadeging atau peringatan berdirinya keraton. 

Acara ini digelar oleh Lembaga Dewan Adat di Sasana Sumewa Pagelaran Keraton Surakarta Hadiningrat, dan diikuti oleh ratusan abdi dalem seeta sentono yang berasal dari berbagai wilayah. GKR Koes Moertiyah selaku ketua Lembaga Dewan Adat mengatakan bahwa sedianya pihaknya akan menggelar acara yang lebih besar. Namun karena terbentur pandemi corona, maka acara dibuat dengan lebih sederhana. 

Baca Juga:

Revitalisasi untuk Jaga Energi Spiritual Pesanggrahan Langenharjo

"Sebenarnya kami ingin seminggu sebelumnya ada perayaan. Tapi karena situasi belum memungkinkan akibat pandemi. Jadi kami gelar upacara yang sederhana aja," ujar wanita yang juga akrab disapa Gusti Moeng ini. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel