POPULER

Banyak Pelajar Putus Sekolah Akibat Pandemi, Perusahaan Ini Bagikan Ratusan Beasiswa

Banyak Pelajar Putus Sekolah Akibat Pandemi, Perusahaan Ini Bagikan Ratusan Beasiswa

WARTAJOGLO, Jakarta – Program beasiswa SCG Sharing the Dream kembali digelar oleh perusahaan terkemuka di ASEAN, SCG. Kali ini mengangkat tema “Raih mimpimu, tunjukkan pedulimu”. Setidaknya 400 siswa-siswi SMA dan 10 mahasiswa S1 di enam wilayah operasionalnya yakni Jakarta, Tangerang Selatan, Bogor, Karawang, Lebak, dan Sukabumi, terpilih sebagai penerima beasiswa. 

Sejak 2012, melalui program ini, SCG telah memberikan lebih dari 3.100 beasiswa di Indonesia sebagai bentuk komitmen SCG untuk mendukung kemajuan Indonesia melalui bidang pendidikan. SCG Sharing the Dream 2021 juga ditujukan untuk mendukung para pelajar mewujudkan mimpinya dengan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi kendati berada dalam pandemi COVID-19.


Data Kemendikbud RI mencatat terdapat 157.000 siswa SD hingga SMA putus sekolah pada TA 2019/2020. Di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) terdapat 26,9 ribu siswa dan 32,4 ribu siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang berhenti sekolah. United Nations Children’s Fund (UNICEF) menyebut pandemi COVID-19 menjadi salah satu penyebab siswa putus sekolah.

“Pandemi COVID-19 yang masih melanda dunia saat ini tak dapat dipungkiri telah berdampak pada sektor pendidikan salah satunya ialah menurunnya jumlah siswa yang berhasil melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Hal ini juga yang menjadi salah satu latar belakang SCG kembali melaksanakan program beasiswa SCG Sharing the Dream 2021 untuk memastikan para pelajar dapat melanjutkan pendidikannya serta sebagai wujud #PeduliBersama dalam mendukung pemerintah untuk membangun generasi muda dan sektor pendidikan Indonesia di era pandemi ini,” ujar Pathama Sirikul, President Director PT SCG Indonesia.

Para pelajar yang berhasil memperoleh beasiswa SCG Sharing the Dream bukan hanya memiliki nilai akademis yang baik, namun juga memiliki kepekaan dan #PeduliBersama dalam situasi pandemi COVID-19. 

“Pandemi ini telah membuat kehidupan saya sebagai pelajar berubah. Namun, saya tidak patah semangat dan terus berupaya untuk melakukan yang terbaik bagi diri saya dan lingkungan. Salah satunya dengan menjadi volunteer sebuah kampanye kesehatan mental dan mengikuti kejuaraan akademis online. Saya bersyukur memperoleh beasiswa Sharing the Dream yang semakin memotivasi saya untuk meraih mimpi saya,” ungkap Linda Oktaviani, siswi MAN 2 Lebak, penerima beasiswa SCG Sharing the Dream 2021.

Program beasiswa SCG Sharing the Dream tahun ini juga mendapat sambutan yang sangat baik di kalangan pelajar. Hal ini terlihat dari jumlah pendaftar yang mencapai lebih dari 1.000 pelajar dari 232 sekolah untuk kategori SMA dan lebih dari 170 mahasiswa untuk kategori S1. Para siswa dan mahasiswa terpilih akan memperoleh dana pendidikan serta beragam kegiatan pengembangan diri. Khusus mahasiswa, dana pendidikan akan diberikan secara kontinyu hingga mereka lulus atau maksimum 4 tahun masa perkuliahan.

Hasil seleksi beasiswa SCG Sharing the Dream tahun ini yang baru diumumkan hari ini, Kamis (22/07) terbilang baru dan cukup unik. Para pelajar mendapatkan virtual video berisikan sambutan apresiasi dari SCG dan Gita Wirjawan, Founder Ancora Foundation, yang merupakan partner SCG dalam penyelenggaraan program beasiswa ini. “Dikarenakan situasi pandemi yang memprihatinkan dalam beberapa minggu belakangan di Indonesia, juga masih berlakunya masa PPKM Darurat Jawa – Bali sejak awal Juli, maka kami memutuskan untuk mengumumkan melalui kiriman virtual video kepada 410 pelajar berprestasi penerima beasiswa SCG Sharing the Dream tahun 2021. Kami harap para pelajar merasa bangga atas pencapaian mereka dan menjadikan ini sebagai motivasi untuk meraih mimpinya,” jelas Pathama.

Sebagai rangkaian program beasiswa SCG Sharing the Dream 2021, perusahaan telah mengadakan berbagai kegiatan virtual seperti webinar dan live streaming di media sosial Instagram: @scg_indonesia, untuk menjangkau dan berdiskusi langsung dengan para generasi muda. Selain itu, berbagai kegiatan online pun diselenggarakan demi mendukung pemerintah dalam menekan laju penyebaran COVID-19, serta sebagai bentuk #PeduliBersama SCG pada kesehatan dan keselamatan seluruh pihak.

“SCG mengucapkan selamat kepada penerima beasiswa SCG Sharing the Dream 2021 dan terima kasih kepada para pelajar, orangtua, guru, sekolah, segenap karyawan SCG, partner kami Ancora Foundation, dan seluruh pihak yang telah bekerja sama mendukung kami dalam program beasiswa ini. Kami memahami saat ini merupakan masa sulit bagi kita semua sehingga diharapkan dengan adanya program beasiswa SCG Sharing the Dream dapat memotivasi para generasi muda untuk terus mengikuti passion mereka, semangat meraih mimpi dan cita-citanya dengan melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi serta senantiasa menunjukkan #PeduliBersama untuk masyarakat,” tutup Pathama. //Ril

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close