POPULER

Ratusan Siswa SD Kampanye Anti Asap Rokok di Car Free Day Solo

Ratusan Siswa SD Kampanye Anti Asap Rokok di Car Free Day Solo

WARTAJOGLO, Solo - Sambut Hari Tanpa Tembakau yang diperingati tiap tanggal 31 Mei, warga Kota Solo punya kegiatan tersendiri. 

Tepat di area bebas kendaraan bermotor di jalan Slamet Riyadi warga dalam hal ini anak-anak menggelar kampanye penyadaran hidup tanpa asap rokok. 

Aksi kampanye ini melibatkan ratusan siswa SDN Cengklik dan SDN Bromantakan.

Kontan saja aksi ini langsung menyita perhatian publik karena mereka membawa sebuah spanduk besar sambil berjalan kaki di sepanjang jalan Slamet Riyadi. 

Tulisan STOP ASAP ROKOK terlihat jelas menghias spanduk berukuran panjang 15 meter dan lebar 5 meter itu.

Pesan itu sebagai penegas untuk mengingatkan masyarakat terkait bahayanya asap rokok bersamaan dnegan peringatan hari Tanpa Tembakau Sedunia.

Para siswa pun terlihat bergembira mengusung spanduk sembari menyisir kerumunan warga Solo yang menikmati acara car free day.

Sebelumnya dua orang dokter dari Dinas Kesehatan Kota Surakarta memberikan pengetahuan dasar tentang bahaya menjadi perokok pasif dan pencegahannya.

"Kenapa saya pilih topik ini karena audiencenya anak-anak dan ibunya yang bukan sebagai perokok aktif  Harapannya supaya mereka selain bisa terhindar dari bahaya sebagai perokok pasif juga bisa mengingatkan kepada  para perokok aktif di lingkungan sekitar terutama  yang serumah," tutur Novita, dokter gigi alumni dentist UGM Yogyakarta, yang kini menjadi Pengurus Kagama Cabang Kota Surakarta.

Dalam acara itu tampak hadir juga Wakil Walikota Surakarta, Teguh Prakosa yang menyatakan bahwa area car free day adalah area bebas asap rokok.

"Di sini adalah area bebas kendaraan bermotor dan bebas asap rokok. Mulai minggu depan akan diketati dengan menerjunkan Satpol PP," ungkap Wawali.

Kegiatan kampanye diselenggarakan kerja bareng Republik AengAeng dan Yayasan Kakak, sebuah LSM yang bergerak untuk perlindungan anak.

"Semoga langkah kecil ini berefek besar menyadarkan masyarakat untuk menjauhi asap rokok," tandas Mayor Haristanto, Presiden Republik AengAeng.//Lis

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel