POPULER

Solo Batik Festival 2022 Angkat Cerita Batik 3 Negeri

Solo Batik Festival 2022 Angkat Cerita Batik 3 Negeri

WARTAJOGLO, Solo - Solo Batik Fashion ke-14 tahun 2022 mengangkat cerita Batik 3 Negeri, mahakarya peranakan Tionghoa dengan pewarnaan dari 3 kota, Lasem, Pekalongan, Solo.

Hal ini menarik, karena dengan pewarnaan dari 3 wilayah yang berbeda, akhirnya tercipta satu motif dan desain yang khas dari Batik 3 Negeri ini.

Ada 3 warna yang pewarnaannya dilakukan di 3 Kota berbeda, yakni warna merah dicelupkan di Lasem, warna biru di Pekalongan/Kudus,  dan warna sogan dicelupkan di Solo ataupun Yogyakarta. 

Cerita Batik 3 Negeri akan diangkat dalam event Solo Batik Fashion 2022

Tiga warna ini juga mewakili ciri khas dari 3 daerah tempat pewarnaannya. Di mana warna merah Getih Pitik atau darah ayam adalah cerminan Tionghoa di Lasem.

Lalu biru indigo merupakan ciri khas batik Buket (Belanda) asal Pekalongan, sedangkan coklat soga menjadi unsur utama Batik Jawa di Solo dan Yogyakarta. 

Hal inilah yang diangkat Solo Batik Fashion 14, yang mengambil tema “Culture UNITY Adiluhung
Pesona Bangsa”.

Yang mana hal ini bermakna Kesatuan Budaya pesona bangsa yang tinggi dan mempunyai nilai lebih
dalam sebuah budaya.

Di kota Solo hal ini menjadi unsur utama, sehingga diharapkan event Solo Batik Fashion akan terus menjadi denyut nadi industry fashion, yang akan mengangkat pegiat seni di industri fashion khususnya UMKM. 

Indonesia memiliki kain tradisional yang sangat mewah dan hanya orang tertentu bisa membuatnya dikarenakan butuh waktu, tenaga dan biaya yang tidak sedikit.

Selain itu juga material bahan baku yang khusus serta melalui proses yang panjang berbulan-bulan dengan hasil yang sangat Istimewa. 

Dalam pelaksanaan SBF 14 selama 5 hari pada tanggal 1 – 5 Oktober 2022 yang dilaksanakan pada 2 venue secara bersamaan, di mana venue tersebut di Pendhapi Gedhe Balaikota Surakarta dan Paragon Lifestyle Mall. Solo Batik Fashion.

Di mana ajang ini pertama kalinya ide gagasan diwujudkan sebagai pendobrak di era adaptasi baru setelah pandemic covid berlangsung sesuai tagline indonesia bangkit lebih cepat pulih lebih kuat.

Tentunya hal ini di harapkan dapat membantu membantu mewartakan batik dari UKM Indonesia dan sebagai influncer kota batik di Solo.

Sehingga dinas pariwisata di kota solo khususnya industri fashion dan dalam acara Solo batik fashion, kali ini kami telah melakukan audisi model yang akan tampil di panggung besar Balaikota dan Paragon Lifestyle mall model professional yang akan tampil dari solo raya jogja dan semarang.

Solo Batik Fashion 14 kali ini sangat concern terhadap pengembangan UMKM diwujudkan dengan adanya exhibition batik, craft yang berada di Paragon Mall.

Dan tentunya adanya Booth kuliner di halaman parkir Balai Kota dengan bertujuan untuk menggerakkan roda perekonomian UKM Solo. Sehingg bangkit dan berdiri kuat kembali setelah adanya Pandemi Covid-19. //Bang

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel