POPULER

Tradisi Pedang Pora Iringi Kedatangan Kapolres Wonogiri yang Baru

Tradisi Pedang Pora Iringi Kedatangan Kapolres Wonogiri yang Baru

WARTAJOGLO, Wonogiri - Prosesi tradisi pedang pora, Rabu (25/1), digelar di jalan gerbang masuk Mapolres Wonogiri. Ini untuk menyambut kedatangan Kapolres yang baru, AKBP Andi Muhammad Indra Waspada Amirullah.

Regu pedang pora berjejer rapi di kanan-kiri tepian jalan masuk dari gerbang depan sampai depan lobby Mapolres Wonogiri. Bersamaan itu, tampil dua anak berseragam polisi, bertugas mengalungkan untaian bunga sebagai tanda penghormatan dan selamat datang AKBP Andi Muhammad Indra Waspada Amirullah sebagai Kapolres baru di Wonogiri.

Kapolres Wonogiri AKBP Andi Muhammad Indra Waspada Amirullah

Kasi Humas Polres Wonogiri AKP Anom Prabowo, menyatakan, prosesi tradisi pedang pora dilakukan sebagai ucapan selamat datang untuk Kapolres Wonogiri yang baru. Yakni AKBP Andi Muhammad Indra Waspada Amirullah.

Kapolres baru Wonogiri AKBP Andi Muhammad Indra Waspada Amirullah, menggantikan Kapolres AKBP Dydit Dwi Susanto. Pejabat baru, sebelumnya menjabat sebagai Kasatpatwal Ditlantas Polda Metro Jaya. Pejabat lama, pindah tugas menjadi Kapolres Kudus.

Pada acara itu, Wakapolres Wonogiri Kompol Anggara Rustamyono, tampil menyambut dan memandu prosesi pedang pora. Kemudian sejumlah perwira polisi Polres Wonogiri, membentuk barisan saling berhadapan di pintu masuk Mapolres sambil menghunus pedang ke arah atas.

Kapolres Wonogiri yang baru beserta istri, kemudian berjalan perlahan, melewati barisan perwira yang menggelar prosesi tradisi pedang pora tersebut. Secara berkesinambungan, satu persatu pedang diangkat ke atas, dengan posisi disilangkan layaknya membentuk lorong gerbang.

Diiringi musik dan taburan bunga, Kapolres baru yang didampingi istri, melangkah maju dengan memberikan hormat, hingga melewati akhir barisan pedang pora.

Dalam acara pisah sambut, Kapolres Wonogiri lama AKBP Dydit Dwi Susanto, mengucapkan terimakasih kepada semua jajaran Polres Wonogiri. Yang telah selama 16 bulan, telah memberikan dukungan dalam pelaksanaan tugasnya di Wonogiri. ”Saya dan keluarga mohon dimaafkan jika ada yang tidak berkenan selama tugas di Wonogiri,” ujar AKBP Dydit Dwi Susanto.

Sementara itu, AKBP Andi Muhammad Indra Waspada Amirullah, mohon dukungan para pejabat utama dan anggota Polres Wonogiri, agar dalam mengemban amanah untuk bertugas di Wonogiri dapat sukses.

”Kepada senior saya AKBP Dydit Dwi Susanto, semoga makin sukses dalam mengemban amanah tugas di tempat yang baru,” kata AKBP Andi Muhammad Indra Waspada Amirullah.

Dalam rangkaian acara pisah sambut, ditandai dengan pelepasan AKBP Dydit Dwi Susanto, juga dengan prosesi tradisi pedang pora. Ini sekaligus untuk menandai berakhirnya pelaksanaan tugasnya di Wonogiri. //Lis

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close