TfG6TUW8BUO7GSd6TpMoTSd7GA==
,, |

Breaking News

Polres Wonogiri Gelar Operasi Keselamatan Candi, Ini yang akan jadi Sasaran

WARTAJOGLO, Wonogiri - Polres Wonogiri menggelar Operasi Keselamatan Candi mulai hari ini Selasa (7/2/2023) hingga 14 hari ke depan Senin (20/2/2023).

Operasi yang digelar di seluruh Jawa Tengah itu mengusung tema "Keselamatan Berlalu Lintas yang Utama dan Pertama”.

Kapolres Wonogiri, AKBP Andi Muhammad Indra Waspada Amirullah, menilai permasalahan lalu lintas saat ini berkembang cepat dan dinamis, sebagai konsekuensi meningkatnya jumlah kendaraan dan populasi penduduk. 

Kapolres Wonogiri memantau kondisi kendaraan operasional anggotanya

"Jadi modernisasi itu perlu diikuti inovasi kinerja Polisi khususnya Polisi Lalu Lintas. Sehingga mampu mengantisipasi segala dampak yang akan timbul," ujarnya, kepada insan media. 

Kapolres mengatakan operasi tersebut diharapkan bisa meningkatkan disiplin berlalu lintas yang akan bermuara untuk menekan angka kecelakaan dan fatalitas korban kecelakaan. 

Selain itu operasi tersebut juga bertujuan untuk menciptakan kondusifitas menjelang bulan ramadhan yang sebentar lagi akan datang. 

"Kita mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif. Serta didukung kegiatan penegakan hukum lewat ETLE dan teguran," kata AKBP Indra. 

Dia menegaskan agar petugas menghindari pungli dan perilaku menyimpang serta tindakan yang arogan, agar masyarakat merasakan dan percaya akan kehadiran Polisi. 

Kapolres juga menjelaskan sasaran dalam operasi keselamatan Candi nanti adalah

1.Pengemudi menggunakan HP,
2.Pengemudi di bawah umur
3.Tidak pakai helm
4.Pengemudi tidak pakai safety belt
5.Pengemudi dalam pengaruh alkohol
6.Pelanggaran APIL, rambu, marka, melawan arus, dan parkir liar.

"Untuk knalpot brong langsung ditindak pakai tilang manual," tandasnya.

Sementara itu, berdasarkan catatan Polres Wonogiri, tren kecelakaan sepanjang tahun 2022 lalu cenderung meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. 

Pada tahun 2022 lalu, tercatat ada 1.314 kejadian kecelakaan lalu lintas di jalanan Wonogiri, itu meningkat 70 persen dibanding tahun 2021 yang tercatat ada 771 kejadian. 

Kenaikan angka kecelakaan itu dibarengi dengan timbulnya korban jiwa. Sepanjang tahun 2022 lalu ribuan kecelakaan itu menimbulkan 101 korban meninggal dunia. //Lis

Type above and press Enter to search.

close