POPULER

Ulang Sejarah Penyiaran, Para Penyiar Radio Deklarasikan PERSIARI di Monumen Pers Nasional

Ulang Sejarah Penyiaran, Para Penyiar Radio Deklarasikan PERSIARI di Monumen Pers Nasional

WARTAJOGLO, Solo - Deklarasi dan pengukuhan pengurus organisasi PERSIASI (Penyiar Radio Seluruh Indonesia) digelar di Monumen Pers Nasional, Kota Solo pada Sabtu 11 Maret 2023.

Deklarasi di tempat ini menjadi momen pengulangan sejarah, di mana pada 1 April 1933 KGPAA Mangkunagoro VII mendirikan radio  Solosche Radio Vereniging (SRV) di tempat ini, sebagai media untuk perjuangan melawan penjajah Belanda.

Karena itu pula, PERSIASI juga memberikan apresiasi dengan mengukuhkan KGPAA Mangkunagoro VII sebagai Bapak Penyiaran Indonesia.

Surat pengukuhan disampaikan kepada KGPAA Mangkunagoro X yang kebetulan hadir dalam acara tersebut.

Jajaran pengurus PERSIARI usai dilantik

Suasana pengukuhan pengurus organisasi ini pun berlangsung khidmat, saat sang ketua membacakan deklarasi dan ditirukan oleh seluruh anggota yang hadir.

Untuk pelantikan pengurus, dilakukan oleh anggota Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), Agung Suprio.

"Radio memiliki peran dalam kemerdekaan. Dan Kota Solo terutama Monumn Pers menjadi kota penuh sejarah dalam berdirinya radio, yang dimanfaatkan untuk media perjuangan," ujar Agung Suprio.

Yang menarik, di antara deretan pihak yang memberikan dukungan sponsor pada acara ini ada logo Wong Solo Group, yang merupakan perusahaan milik H. Puspo Wardoyo.

Selama ini Puspo Wardoyo memang dikenal sering memberikan dukungan sponsor untuk berbagai kegiatan yang digelar para awak media.

Yang mana hal itu dilakukan sebagai wujud apresiasi dirinya atas peran para wartawan, dalam ikut memberikan warna dalam perjalanan hidup banyak orang, termasuk Puspo Wardoyo.

Bahkan Puspo tidak canggung saat mengakui bahwa rahasia di balik kesuksesannya adalah karena ada peran wartawan yang selalu memberitakan dan mempromosikan produk-produk buatannya. //Bang

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close