POPULER

Dapat Penghargaan Saat Gelaran Wisuda, Ini Deretan Prestasi Mahasiswa dan Dosen UNIBA Surakarta

Dapat Penghargaan Saat Gelaran Wisuda, Ini Deretan Prestasi Mahasiswa dan Dosen UNIBA Surakarta

WARTAJOGLO, Solo - Momen Sidang Senat Terbuka Wisuda Program Sarjana angkatan ke-52 dan Program Magister angkatan ke-31 ini, menjadi saat yang membahagiakan bagi empat orang mahasiswa Universitas Islam Batik (UNIBA) Surakarta.

Pasalnya di hadapan ratusan wisudawan dan wisudawati, mereka mendapatkan penghargaan istimewa dari kampus, atas prestasi yang diraihnya.

"Ada satu dosen berprestasi yakni Dr. Dra. Hj. Siti Maryam, M.M., yang telah menyelesaikan studi program doktoral Ilmu Lingkungan di Universitas Sebelas Maret. Serta empat mahasiswa yang berprestasi di bidang olah raga dan seni kreatifitas," jelas Agni Astungkara, humas UNIBA Surakarta di sela-sela jalannya acara wisuda pada Sabtu 13 Mei 2023.

Adapun mahasiswa yang berprestasi tersebut di antaranya mahasiswa program sarjana Akuntansi yaitu Candra Putranugraha, Anggita Prahastama Setiawan, dan Aditia Maulana Saputra.

Ketiga mahasiswa ini berhasil meraih medali emas pada cabang olahraga pencak silat di Kejuaraan Banten International Championship. 

"Sedangkan satu lagi adalah Muhammad Fawwaz Dafa' Hibatullah dari prodi Teknik Industri. Yang mana dia berhasil menjadi juara kedua di International Batik Painting Competition 2023," tambah Agni.

Sementara untuk prosesi wisuda yang digelar di Gedung Grha Saba Buana dan dipimpin langsung oleh Ketua Senat UNIBA Surakarta, Dr. Pramono Hadi, S.P., M.P, kali ini UNIBA mewisuda  210 wisudawan dan wisudawati yang terdiri 4 Fakultas. 

Para wisudawan menunggu giliran untuk dipanggil guna menjalani prosesi pemindahan tali topi toga

"Dari total 210 wisudawan dan wisudawati tersebut 56 di antaranya berasal dari program magister," ungkap Agni.

Sedangkan untuk wisudawan program sarjana di antaranya 65 dari program sarjana Manajemen dan 27 dari program sarjana Akuntansi. 

Dari Fakultas Hukum program sarjana hukum meluluskan 43 wisudawan wisudawati dan dari Fakultas Teknik program sarjana Teknik Industri meluluskan 6 wisudawan. 

Pada Fakultas Pertanian program sarjana Agroteknologi meluluskan 9 wisudwan dan wisudawati, program sarjana Agribisnis 3 wisudawan dan wisudawati, sedangkan dari program sarjana Peternakan meluluskan 1 wisudawan.

Dari 210 wisudawan dan wisudawati dipilih 8 wisudawan dan wisudawati terbaik yang mendasarkan pada capaian Indeks Prestasi Kumulatif dari masing-masing program. 

Adapun lulusan terbaik tersebut diantaranya sebagai berikut:

Restu Wijang Setiabudi, M.Si. dari program Magister dengan IPK 4,00 dan meraih predikat Cumlaude.

Atikha Aristawati Nurandini, S.P. dari Prodi Agroteknologi dengan IPK 3,87 dan meraih predikat Cumlaude.

Ika Julianisa Ardiyati, S.P. dari Prodi Agribisnis mendapat IPK 3,90 dan meraih predikat Cumlaude.

Ihsan Fatkhurrozie, S.Pt. dari prodi peternakan meraih IPK 3,79 dan meraih predikat Cumlaude.

Andung Setyo Nugroho, S.T. dari prodi Teknik Industri dengan IPK 3,72 dan meraih predikat Cumlaude.

Endah Fitri Ani Rahayu, S.M. dari prodi manajemen dengan IPK 3,90 dan meraih predikat Cumlaude.

Tiyana Rahayu, S.Ak. dari prodi akuntansi dengan IPK 3,93 dan meraih predikat Cumlaude.

Elshafira Dinia Yusufa, S.H. dari prodi ilmu hukum dengan IPK 3,86 dan meraih predikat Cumlaude.

Gelaran wisuda tahun ini memang agak berbeda dengan tahun lalu, karena diwarnai dengan pemberian penghargaan untuk mahasiswa dan dosen berprestasi.

Dan setelah sesi pemberian apresiasi dari Rektor UNIBA Surakarta kepada para mahasiswa dan dosen berprestasi, acara dilanjutkan dengan sesi unjuk karya mahasiswa. 

Pada sesi unjuk karya mahasiswa dibawakan oleh tiga penari yang berasal dari kalangan mahasiswa. Ketiga penari tersebut membawakan tari Rebana. 

Pada sesi penutup dilanjutkan dengan unjuk karya Unit Kegiatan Mahasiswa PSM dengan membawakan lagu tradisional dan lagu kontemporer. 

"Wisuda bukanlah puncak pencapaian akademisi, justru dengan menjadi sarjana merupakan langkah awal untuk memberikan kontribusi nyata atas keilmuan yang telah dimiliki kepada masyarakat. Ilmu yang didapat selama masa kuliah seharusnya mampu menjadi bekal bagi para lulusan untuk melebarkan sayap mereka dalam berkiprah membangun bangsa ini," pesan Rektor UNIBA DR. H. Amir Junaidi, S.H, M.H. //Bang

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close