TfG6TUW8BUO7GSd6TpMoTSd7GA==
,, |

Breaking News

DRIVE Rilis Ulang Lagu Akulah Dia dengan Vokalis baru

WARTAJOGLO, Jakarta - Akulah Dia adalah salah satu lagu DRIVE yang paling pas untuk bisa merepresentasikan musik DRIVE sesungguhnya, yang kental dengan sound gitar overdrive, up-beat tempo, tema lirik yang unik, serta aransemen yang modern. 

Keputusan DRIVE untuk merilis ulang lagu ini dengan vokalis baru, Axl Ramanda, pastinya akan seru dan menarik untuk didengarkan.  

Kini DRIVE hadir dengan formasi: Axl Ramanda (vokal), Bhusdeq (gitar), Dygo (bass) dan Rudy (drums). 

Axl adalah penyanyi lulusan Indonesian Idol 2021 yang sebelumnya juga sudah banyak pengalaman perform di berbagai panggungan tanah air. 

DRIVE dengan formasi baru

Menggantikan posisi Arizki sebagai vokalis sebelumnya, kehadiran Axl di DRIVE mendapat respon positif dari para Drivemaniacs (sebutan fans DRIVE) dan masyarakat Indonesia.

Sejak Januari 2023, Axl Ramanda resmi sebagai personil DRIVE. Masuknya Axl dengan range vocal yang lebar dan karakter vokal yang kuat, membuat DRIVE merasa lebih bebas dalam eksplorasi musik. 

Lagu- lagu lama DRIVE pun menjadi lebih fresh dan membuat penampilan mereka di panggung jadi lebih keren.

Dygo menjelaskan bahwa bergabungnya Axl sebenarnya tidak direncanakan secara khusus. 

"Awalnya enggak ada niatan untuk mencari vokalis baru. DRIVE dan Axl pernah berkolaborasi untuk konten Youtube di era pandemi dulu sekitar tahun 2021. Di bulan Oktober 2022, kebetulan ada satu event yang sudah kontrak, tapi Arizki mendadak sakit. Lalu manajemen DRIVE menawarkan Axl untuk menggantikan, dan jadwalnya cocok. Konser saat itu berlangsung sangat menyenangkan, bahkan beberapa pihak menyatakan Axl terlihat sangat cocok sebagai vokalis DRIVE," ungkapnya.

Setelah momen tersebut, DRIVE selanjutnya mulai memutuskan untuk mencari vokalis tetap. Karena Arizki selama ini statusnya juga bukan vokalis tetap.

"Tidak lama setelah itu, kita memutuskan untuk mencari vokalis tetap. Karena memang sebenarnya Arizki juga bukan vokalis tetap DRIVE dan hanya sementara mengisi kekosongan vokalis saja. Lalu kita coba tawarkan ke Axl untuk masuk sebagai personil, dan dia bersedia. Tentunya masuknya Axl memberikan angin segar buat kita, selain dia masih muda, kemampuan vokal Axl juga luar biasa, membuat kita bisa menciptakan lagu-lagu baru dengan notasi yang lebih luas lagi,” tambahnya.

Bagi Axl, bisa menjadi bagian salah satu band besar di Indonesia ini merupakan kesempatan langka dan tanpa pikir panjang, ia pun menyambut baik kepercayaan yang datang kepadanya tersebut.

“Rasanya jadi vokalis baru DRIVE itu pastinya senang banget. Dan bisa jadi bagian dari DRIVE yang kita tau adalah band besar, yang mempunyai banyak lagu hits dan juga sebuah band yang memiliki karakter musik yang kuat, tentu membanggakan," ungkap Axl.

Axl sendiri menyebut bahwa dirinya sudah menyukai DRIVE sejak masih duduk di bangku sekolah dasar.

"Saya tau lagu-lagu DRIVE dari jaman masih kelas 6 SD. Saat masuk SMP, saya suka nyanyi lagu ‘Bersama Bintang’ dengan temen-teman band saya. Sekarang menjadi vokalisnya, tentunya challenge tersendiri apalagi DRIVE ini besar dengan vokalis yang lama. Aku berharap bisa membuat DRIVE jauh lebih besar lagi dari sebelum-sebelumnya,” lanjutnya.

Merilis Ulang “AKULAH DIA”

Lagu “AKULAH DIA” adalah lagu yang diciptakan Bhusdeq (Budi Drive Rahardjo) dan pertama kali dirilis DRIVE pada tahun 2010. 

Sebuah lagu yang menjadi jagoan dari album ke-3 DRIVE yang mengisahkan tentang ungkapan seorang pria yang ingin menyadarkan teman wanitanya bahwa dialah pria impian yang selama ini yang dicari oleh sang wanita.

Kini 13 tahun kemudian, DRIVE kembali merilis ulang lagu ini dengan aransemen yang berbeda dan dengan vokal Axl Ramanda yang luar biasa, membuat lagu ini terdengar lebih bertenaga dari versi sebelumnya.

“The right moment with the right vocalist… merilis ulang karya yang sudah ada buat saya pribadi kurang seru, karena kreatifitasnya terbatas. Tapi orang banyak yang nungguin, karena trend dan banyak artis yang melakukannya juga. Jadi waktu Axl Ramanda akhirnya masuk, ini saat yang paling tepat. Karena hasilnya akan jadi keren dan unik. Notasi lagu dan lirik tidak berubah, sesuai yang direkam saat 2010. Aransemen tentunya berubah, dan merupakan satu dari beberapa pilihan aransemen yang biasa dipakai DRIVE saat manggung," ujar Bhusdeq.

“Tiap vokalis yang sudah 'lulus' dari DRIVE selalu membuat warna baru, walau tidak semuanya mencolok. Masalahnya di dalam produksi musik, faktornya bukan hanya warna suara, tapi juga hal-hal non-musikal seperti misalnya: keakraban dalam berteman, mood si vokalis saat sesi rekaman, sampai keadaan keluarganya saat itu. Anda akan bisa mendengarkan di lagu 'AKULAH DIA (New Version)'," ujar Bhusdeq

Ditambahkan bahwa Axl berada di momen yang paling pas untuk berbagai faktor musikal dan non-musikal. 

"Dia bahkan baru saja menjadi seorang bapak, karena kelahiran anak pertamanya hanya berselang 2 hari sebelum rekaman vokal. ‘Kegembiraan’ yang terdengar adalah orisinil dan semangat ngeband-nya juga terasa banget. Itu semua membuat lagu ini menjadi unik, bahkan dibandingkan versi lamanya,” tambah Bhusdeq.

Proses rekaman lagu “Akulah Dia” dikerjakan bersamaan dengan persiapan album ke-7 DRIVE. Rencananya setelah ini, DRIVE pun akan merilis ulang lagu “Melepasmu” dengan aransemen baru. Dan kedua lagu ini pun akan turut hadir diantara 7 lagu di album baru tersebut.

“Publik melihatnya mungkin seakan DRIVE adalah band yang doyan ganti-ganti vokalis. Sedangkan dari persepsi DRIVE sendiri, terutama saya dan Dygo sebagai founder, kami ini musisi yang proses kreatifnya enggak pernah berhenti walau dihadang berbagai masalah. Untuk itu, DRIVE akan terus mengeluarkan karya terbaik untuk penikmat musik Indonesia," lanjut Bhusdeq

DRIVE berharap formasi terbaru ini bisa mendapat sambutan yang baik dari penikmat musik Indonesia, layaknya karya-karya DRIVE sebelumnya. 

Terlepas banyaknya fase yang dilalui DRIVE, mereka tetap pada komitmen untuk terus berkarya di industri musik Indonesia.

“Ini mungkin adalah formasi DRIVE yang kesekian kali. Kita juga tidak pernah berharap ada pergantian berkali-kali, namun memang jalannya DRIVE harus seperti ini. Semoga yang sekarang ini menjadi formasi terbaik dan langgeng,” pungkas Rudy. //Lis

Type above and press Enter to search.

close