POPULER

About

Tingkatkan Kemampuan Mahasiswa, Prodi Ilmu Administrasi Negara Unisri Gelar FGD Kewirausahaan

Tingkatkan Kemampuan Mahasiswa, Prodi Ilmu Administrasi Negara Unisri Gelar FGD Kewirausahaan

WARTAJOGLO, Solo - Untuk mempersiapkan materi modul pembelajaran kewirausahaan berbasis kasus, proyek, dan kemajuan IT, Program Studi Ilmu Administrasi Negara Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta, menggelar Focus Group Discussion (FGD) .

FGD yang digelar Selasa 25 Juli 2023 di Hotel Adiwangsa dengan menghadirkan Sunu Prasetta (Direktur Solo Jalabuana) dan Owner Ampyang Jawa, Alif Arba Danan Abdul.  

Suasana FGD Kewirausahaan yang digelar Prodi Administrasi Negara Unisri

Koordinator FGD Prodi Administrasi Negara, Dr Purbayakti Kusuma W menjelaskan, kegiatan FGD itu merupakan hasil prestasi dari prodi Ilmu Administrasi Negara, yang merupakan bagian dari persaingan untuk memenangkan dana hibah dari kementrian.

"FGD kewirausahaan ini menjadi acara pertama dari 21 kegiatan lain yang merupakan wujud dari pembelajaran. 6 diantaranya kegiatan untuk mahasiswa, 7 kegiatan untuk meningkatkan kopetensi dosen AN, dan 8 kegiatan untuk inovasi pembelajaran," katanya.

Disebutkan, bahwa FGD Kewirausahaan itu merupakan wujud dari upaya untuk membentuk inovasi pembelajaran.

Harapannya output yang dihasilkan adalah informasi berbagai realitas kewirausahaan di lapangan.

Output tersebut akan diolah menjadi materi pembelajaran di kampus agar terwujud keselarasan antara materi yang dipelajari mahasiswa di kampus dengan realita yang dihadapi di masyarakat, di pemerintah daerah, dan di sektor privat.

Dalam FGD Kewirausahaan pihaknya juga mengundang stake holder kewirausahaan, antara lain pemerintah daerah, pelaku bisnis, UMKM, dan Prodi Ilmu Administrasi Negara selaku pelaku pendidikan.

"Kami berharap peserta bisa berpartisipasi aktif untuk menceritakan dalam berwirausaha dari awal pembuatan bisnis, tantangan, peluang, pertimbangan memilih produk, stategi yang dikembangkan, masalah yang terjadi, dan solusi yang harus diambil, seperti apa sebagai seorang owner. Sehingga hasil yang diperoleh bisa sesuai yang kita harapkan," jelasnya.

Dalam sambutannya, Rektor Unisri Prof Dr Sutoyo mengapresiasi FISIP, khususnya Prodi AN,  yang tahun ini telah mendapatkan 3 hibah dari Kemenristekdikti, terkait berbagai program.

"Secara umum di 2022/2023 banyak hibah yang diterima oleh Unisri. Artinya trust pemerintah semakin meningkat dengan dibuktikan banyak hibah yang lolos, bahkan nilai material sangat fantastis," ujar Prof Sutoyo.

Pihaknya berharap, kedua narasumber berbagi pengalaman disamping pelaku usaha yang hadir dan Unisri. 

"Bukan berarti Unisri tidak mampu merumuskan sendiri, karena persoalan yang muncul saat ini kampus itu hanya berkaitan dengan teori-teori," lanjutnya.

"Padahal saat ini kampus harus bermitra dengan dunia usaha dan dunia industri dalam rangka membekali mahasiswa agar nanti saat lulus bisa melakukan usaha usaha, bisa mempunyai potensi yang kuat sehingga betul-betul berkontribusi demi kemajuan bangsa dan negara," pungkasnya. // Bang

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close