TfG6TUW8BUO7GSd6TpMoTSd7GA==
,, |

Breaking News

Jurnal Citrawira dari DKV ISI Surakarta Sukses Raih Akreditasi Sinta 5

WARTAJOGLO, Solo - Terbit pertama kali pada 2020, Citrawira yang merupakan jurnal dari Prodi S1 Desain Komunikasi Visual FSRD Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, berhasil meraih akreditasi Sinta 5.

Sinta (Science and Technology Index) merupakan portal yang berisi tentang pengukuran kinerja ilmu pengetahuan dan teknologi, yang meliputi antara lain kinerja peneliti, penulis, author, kinerja jurnal dan kinerja institusi Iptek.

Hal ini didasarkan atas Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 79/ E/KPT/2023 Tentang Peringkat Akreditasi Jurnal llmiah Periode I Tahun 2023, yaitu peringkat 5 mulai Volume 2 Nomor 1 Tahun 2021 sampai Volume 6 Nomor 2 Tahun 2025. 

Bahwa Sinta dirancang untuk mempermudah pendataan dan pemetaan publikasi ilmiah oleh peneliti dan akademisi Indonesia.

Hal ini tentu menjadi prestasi tersendiri bagi Citrawira, sebab untuk bisa mendapatkan akreditasi tersebut bukanlah hal yang mudah.

"Keberhasilan untuk memenuhi akreditasi tidak begitu mudah bagi tim redaksi, sehingga bisa terindeks nasional. Meskipun demikian harapannya ke depan semakin lebih baik dalam pengelolaan," ujar Kaprodi DKV ISI Surakarta, Rendya Kurniawan.

Tim redaksi Citrawira

Citrawira sendiri digagas sejak 2018, dan terbit pertama kali pada 2020, yang ditujukan untuk memenuhi keilmuan dalam ranah desain komunikasi visual. 

Jurnal ini berisikan publikasi ilmiah pada kajian (riset dasar) dan desain (riset terapan) yang luarannya dari riset desain komunikasi visual, namun tidak terbatas pada periklanan, desain grafis dan multimedia. 

Mengambil nama CITRAWIRA : Journal of Advertising and Visual Communication terdaftar ISSN secara tercetak ataupun online, dengan nomor ISSN cetak: 2774-2806 dan ISSN online: 2774-2792. 

Media ini terbit 2 (dua) kali dalam setahun dan telah memasuki usia yang ke empat tahun pada volume 4 ini. Yang mana telah berhasil terindeks SINTA, semenjak diusulkan pada tahun 2022 lalu. 

Dr. Handriyotopo, M.Sn  selaku editor in chief menyatakan bahwa pada tahun ini cukup bersyukur Jurnal Citrawira yang baru berusia 4 (empat) tahun pada volume 4 No. 1 Juni 2023 telah terkareditasi Sinta 5. 

"Tentu saja juga kerja keras dari tim redaksi yang tidak kenal lelah untuk belajar dan belajar melakukan review naskah hingga mampu terbit secara periodik setiap tahunnya dua edisi di bulan Juni dan Desember," ungkapnya. 

Lebih lanjut Handriyotopo menyatakan terkait system open akses jurnal, kebetulan system jurnal yang dikembangkan menggunakan OJS 2 (Open Journal System). 

Pemilihan OJS ini yang bersifat terbuka dan cukup lengkap dalam melakukan manajemen sistemnya mulai submission, peer review hingga sistem pengindeksnya, meskipun juga telah hadir system OJS 3.

Bila dilihat dari perkembangan jurnal di lingkup ISI Surakarta memang masih muda dari pengeloaan jurnal dalam rumpun seni humaniora dibanding dengan seniornya yang lain seperi Jurnal Dewaruci dan Jurnal Gelar yang sudah terindeks Sinta 2. 

Agar meningkat lebih baik adalah keberadaannya saat ini Jurnal Citrawira memang masih mengadoposi artikel-artikel mahasiswa di lingkungan Prodi S1 DKV FSRD ISI Surakarta.

Dan ke depan perlu melakukan kerja sama bidang pengelolaan pertukaran artikel dengan institusi sejenis, dalam mengembangkan keilmuan desain komunikasi visual.

Tujuannya tentu agar memenuhi indeks yang disyaratkan 60% dari luar dan 40% dari artikel dalam sendiri, dan tentu saja penyaringan artikel yang lebih ketat.

Adapun persyaratan untuk dapat mengusulkan akreditasi jurnal ilmiah adalah: 

1). Memiliki ISSN dalam versi elektronik (e-ISSN) dan atau cetak (p-ISSN) bila terbitan terbit dalam dua versi.

2). Mencantumkan persyaratan etika publikasi (publication ethics statement) dalam laman website jurnal. 

3). Terbitan berkala ilmiah harus bersifat ilmiah, artinya memuat artikel yang secara nyata mengandung data dan informasi yang memajukan pengetahuan, ilmu, dan teknologi serta seni. 

4). Terbitan berkala ilmiah telah terbit paling sedikit 2 tahun berurutan, terhitung mundur mulai tanggal atau bulan pengajuan akreditasi. 

5). Frekuensi penerbitan berkala ilmiah paling sedikit 2 kali dalam satu tahun secara teratur. 

6). Jumlah artikel setiap terbit sekurang-kurangnya 5 artikel. 

7). Tercantum dalam Portal Garuda (garuda.ristekdikti.go.id).

 8). Memiliki Digital Object Identifier (DOI) untuk setiap artikel. 

Mekanisme pengajuan akreditasi dilakukan secara daring melalui laman http://arjuna.ristekbrin.go.id, dengan mengisi identitas terbitan, evaluasi diri dan volume serta nomor yang akan dinilaikan.

Strategi yang dikembangkan untuk mendapatkan indeks Sinta secara nasional, yang pertama sekali  tentu kesiapan artikel yang terbit secara periodik atau berkala secara manejemen OJS nya.

Sedangkan bagaimana langkah kesiapan akreditasi, Handriyotopo menjelaskan langkah mendaftar ke akun Arjuna dengan cara sebagai berikut; 

Pertama melakukan regristasi yaitu melakukan isian data pengusul Jurnal Citrawira.

Kemudian melengkapi usulan jurnal, berupa pengusul dari ketua redaksi Jurnal Citrawira dengan melampirkan syarat berupa data-data penting yang menjadi syarat untuk dilampirkan, seperti dua volume terbitkan terakhir.

Dan untuk Citrawira kebetulan data yang diunggah adalah tahun 2021 dan 2022.

Selanjutnya akan dilakukan proses verifikasi dari tim pengusul yang akan diperiksa oleh assesor secara adimistratif.

Dalam hal ini pengusul dapat melihat progress sejauhmana review itu dilakukan oleh asesor dengan melihatnya di akun Arjuna yang telah didaftarkan.

Saat ini salah satu instrumen untuk mengukur reputasi jurnal adalah nilai H-index. 

H-index mengukur reputasi jurnal berdasarkan produktifitas dan dampak/sitasi secara bersamaan. 

Selain terindek Sinta, bahwa Jurnal Citrawira juga telah terindek google scholar dengan H-index 4 dengan sejumlah sitasi 41 artikel. 

H-index ini digagas oleh Jorge E. Hirsch pada tahun 2005 (UC San Diego) dan dinamakan juga dengan Hirsch index or Hirsch number. 

H-index ini juga menyatakan seberapa besar sebaran sitasi yang diterima jurnal, serta menyiratkan sebaran kualitas artikel yang sudah mendapatkan sitasi. //Lis

Type above and press Enter to search.