POPULER

Hadirkan Berbagai Macam Lomba Secara Offline dan Online, Pramuka UTP Sukses Gelar GSC 5

Hadirkan Berbagai Macam Lomba Secara Offline dan Online, Pramuka UTP Sukses Gelar GSC 5

WARTAJOGLO, Solo - Pramuka Universitas Tunas Pembangunan (UTP) Surakarta, kembali menggelar Ganesha Scout Competition (GSC) 5 pada hari Minggu 25 Februari 2024.

Kegiatan yang digelar di aula kampus 2 UTP Surakarta tersebut menjadi event rutin tahunan pramuka UTP. 

Acara diselengarakan secara offline dan online yang diikuti 875 peserta se-pulau Jawa. 

Sebelum kegiatan offline dimulai, diadakan upacara pembukaan yang di pimpin oleh Wakil Rektor 3 UTP, Dr. Nuruddin Priya Budi S, M.Or, yang sekaligus menyematkan tanda peserta kepada perwakilan peserta GSC 5.

Dalam sambutannya Nuruddin mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini tentunya membentuk karakter dan sikap sebagai pemuda pemudi berjiwa patriot.

“Kegiatan pramuka sangat positif terutama untuk anak-anak remaja saat ini, pramuka selain memupuk jiwa patriot juga dapat melatih berpikir kreatif, kritis dan membentuk karakter serta sikap sebagai pemuda pemudi yang tangguh dan mandiri,” ungkapnya. 

Wakil Rektor 3 UTP menyematkan tanda peserta

Hal ini juga diperkuat oleh Agus Supriyoko, M.Or selaku pembina pramuka UTP. 

Dirinya menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menjunjung tinggi sportifitas peserta dalam setiap perlombaan.

Karenanya menurut Agus kegiatan ini sangat berdampak baik bagi perkembangan soft skil siswa SMA khususnya sebagai bentuk pembelajaran di sekolah.

“Kegiatan lomba pramuka ini sangat positif menurut saya. Karena kegiatan kepramukaan sendiri sebagai pendamping atau bentuk pembelajaran lain bagi sekolah sehingga bisa menjadikan anak sekolah memiliki jiwa sportifitas dalam berlomba. Saya sebagai Pembina berharap jangkauan peserta bisa mencapai 1000 peserta untuk tahun berikutnya, jadi bisa menjangkau secara nasional," ujarnya.

Ditemui ditempat terpisah, Chandra Alga selaku ketua pelaksana GSC 5 menjelaskan bahwa ada beberapa perlombaan yang dihadirkan di GSC 5.

Lomba-loma itu antara lain PBB Variasi Putra dan PBB Variasi Putri, semaphore dance, Fashion show, Hasta karya, jurnalistik dan film pendek. 

“Jadi untuk lomba offline ada PBB Variasi Putra dan PBB Variasi Putri, semaphore dance, dan Fashion show. Lalu untuk lomba online ada hasta karya, jurnalistik, film pendek dan lomba PBB variasi juga untuk putra dan putri,” terang Chandra. 

Chandra menambahkan bahwa menyiapkan event ini memang penuh persiapan yang matang hingga sesuai dengan rencana yang telah disusun. 

Dirinya pun berharap kegiatan GSC ini dapat terus diadakan setiap tahunnya dengan perlombaan yang mengasah bakat dan minat siswa-siswi SMA. 

Di samping itu, Chandra juga melaporkan hasil juara umum dan juara setiap kategori perlombaan. 

“Juara umum offline dimenangkan oleh SMK N 1 Giritontro sedangkan juara umum online diraih oleh SMAN 1 Gondang Nganjuk. Lalu untuk juara perkategori juara 1 PBB Variasi Putra SMK N 1 Giritontro, juara 1 PBB Variasi Putri SMK N 1 Giritontro, juara 1 Fashion Show SMK N 1 Giritontro, juara 1 semaphore dance SMA N 1 Ngemplak Boyolali,” tandasnya. //Hum

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close