TfG6TUW8BUO7GSd6TpMoTSd7GA==
,, |

Breaking News

Kaya Sejarah dan Budaya, Begini Sisi Unik Buah Kesemek yang Tak Banyak Diketahui

WARTAJOGLO - Buah kesemek, juga dikenal sebagai persimmon, adalah buah yang memiliki sejarah panjang serta karakteristik yang unik. 

Buah ini telah dikonsumsi dan dibudidayakan selama ribuan tahun, terutama di Asia Timur, dan kini telah menyebar ke berbagai belahan dunia. 

Sejarah buah kesemek sendiri berasal dari daerah subtropis dan tropis di Asia Timur, terutama di Tiongkok, Korea, dan Jepang. 

Kesemek telah dibudidayakan di Tiongkok selama lebih dari 2000 tahun, dan negara ini masih menjadi salah satu produsen kesemek terbesar di dunia.

Di Tiongkok, kesemek pertama kali dibudidayakan, di mana buah ini dikenal dengan nama "shi" atau "shi zi". Tiongkok adalah negara asal dari beberapa varietas kesemek yang paling populer.

Dari Tiongkok kesemek kemudian menyebar ke Jepang, di mana buah ini dikenal sebagai "kaki". 

Jepang juga terkenal dengan varietas kesemek yang berkualitas tinggi dan teknik pengeringan kesemek yang disebut "hoshigaki".

Selanjutnya di Korea, kesemek disebut "gam" dan menjadi bagian penting dari kebudayaan dan kuliner setempat. 

Kesemek kering yang dikenal sebagai "gotgam" sering digunakan dalam berbagai hidangan tradisional.

Buah kesemek memiliki rasa lezat serta bermanfaat (Pixabay)

Kesemek selanjutnya dibawa ke Eropa dan Amerika oleh para pedagang dan penjelajah pada abad ke-19. 

Tanaman ini kemudian diperkenalkan dan dibudidayakan di berbagai negara dengan iklim yang cocok, seperti Amerika Serikat dan beberapa negara di Eropa Selatan.

Karakteristik Buah Kesemek

Buah kesemek memiliki beberapa karakteristik unik yang membedakannya dari buah lainnya. Karakteristik ini mencakup bentuk, rasa, tekstur, dan jenis-jenis varietas kesemek yang ada.

Buah kesemek umumnya berbentuk bulat atau agak lonjong, dengan warna kulit yang bervariasi dari kuning ke oranye hingga merah tergantung varietasnya. 

Kesemek biasanya memiliki kulit yang halus dan mengkilap dengan taburan bubuk putih seperti bedak di permukaan kulitnya.

Rasa buah kesemek sangat manis dan lezat, terutama saat sudah matang sempurna. Teksturnya bisa bervariasi dari renyah (seperti apel) hingga lembut dan hampir seperti jelly, tergantung varietasnya.

Banyak varietas kesemek yang memiliki sifat astringen saat belum matang, yang menyebabkan rasa sepat. 

Astringensi ini disebabkan oleh tingginya kandungan tanin. Buah yang matang biasanya kehilangan sifat astringen ini dan menjadi manis dan lezat.

Varietas Kesemek

Ada beberapa varietas kesemek yang dikenal di masyarakat, yakni Hachiya dan Fuyu.

Kesemek Hachiya: Varietas ini berbentuk lonjong dan sangat astringen saat belum matang. Kesemek Hachiya harus benar-benar matang dan lembut sebelum dikonsumsi.

Kesemek Fuyu: Varietas ini berbentuk bulat pipih dan bisa dimakan saat masih renyah. Fuyu tidak astringen, sehingga bisa dinikmati kapan saja tanpa harus menunggu matang sepenuhnya.

Budaya

Buah kesemek memiliki peran penting dalam berbagai budaya, terutama di Asia Timur. Buah ini sering digunakan dalam upacara tradisional, sebagai persembahan, dan dalam berbagai hidangan kuliner.

Di Tiongkok, kesemek sering disajikan saat festival musim gugur dan digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok.

Di Jepang, kesemek hoshigaki (kesemek kering) adalah camilan musim dingin yang sangat populer dan sering dijadikan hadiah.

Di Korea, kesemek kering gotgam digunakan dalam pembuatan hidangan seperti gotgamssam (daging sapi gulung dengan kesemek) dan berbagai jenis kue tradisional.

Manfaat Buah Kesemek untuk Kesehatan dan Kecantikan

Berikut adalah beberapa manfaat buah kesemek yang perlu Anda ketahui:

1. Kaya Akan Nutrisi

Buah kesemek mengandung berbagai vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan. Beberapa nutrisi yang terkandung dalam buah kesemek antara lain:

Vitamin A: Buah kesemek merupakan sumber vitamin A yang baik, yang penting untuk kesehatan mata dan kulit.

Vitamin C: Vitamin ini penting untuk sistem kekebalan tubuh dan membantu dalam penyerapan zat besi.

Serat: Kandungan serat dalam kesemek membantu pencernaan dan menjaga kesehatan usus.

Antioksidan: Kesemek kaya akan antioksidan seperti beta-karoten dan likopen yang melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kandungan serat, antioksidan, dan flavonoid dalam kesemek dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Serat membantu menurunkan kadar kolesterol dengan cara mengikat kolesterol dalam usus dan mengeluarkannya dari tubuh. Antioksidan membantu mencegah oksidasi kolesterol LDL yang dapat menyebabkan pembentukan plak di arteri.

3. Membantu Mengontrol Tekanan Darah

Buah kesemek mengandung kalium, mineral yang berperan dalam mengatur tekanan darah. Kalium membantu menetralkan efek natrium dalam tubuh, yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Dengan mengonsumsi kesemek secara teratur, Anda dapat membantu menjaga tekanan darah dalam batas normal.

4. Mendukung Kesehatan Pencernaan

Serat yang terdapat dalam buah kesemek membantu memperlancar pencernaan dan mencegah sembelit. Serat juga membantu dalam menjaga kesehatan mikrobiota usus, yang berperan penting dalam proses pencernaan dan penyerapan nutrisi.

5. Meningkatkan Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A dan beta-karoten dalam kesemek sangat baik untuk kesehatan mata. Vitamin A membantu menjaga kesehatan kornea dan penglihatan malam, sementara beta-karoten dapat mencegah degenerasi makula dan katarak.

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Vitamin C dan antioksidan dalam buah kesemek membantu menjaga kulit tetap sehat dan bercahaya. Vitamin C berperan dalam produksi kolagen, protein yang penting untuk kulit yang kencang dan elastis. Antioksidan membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV dan polusi.

7. Membantu Menurunkan Berat Badan

Buah kesemek rendah kalori dan tinggi serat, menjadikannya camilan yang baik bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Serat membantu memberikan rasa kenyang lebih lama, sehingga mengurangi keinginan untuk makan berlebihan.

8. Menjaga Kesehatan Metabolisme

Kesemek mengandung vitamin B kompleks, termasuk vitamin B6 (piridoksin), folat, dan tiamin, yang penting untuk metabolisme tubuh. Vitamin B6, misalnya, berperan dalam metabolisme protein, karbohidrat, dan lemak, serta membantu dalam produksi energi.

9. Mengurangi Peradangan

Antioksidan dalam buah kesemek memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Ini bermanfaat untuk kondisi peradangan kronis seperti arthritis dan penyakit jantung. //Bbs

Type above and press Enter to search.

close