POPULER

Pembukaan SICF 2024, Kadin Surakarta: Untuk Pengembangan Ekosistem, Kuliner Harus jadi Industri

Pembukaan SICF 2024, Kadin Surakarta: Untuk Pengembangan Ekosistem, Kuliner Harus jadi Industri

WARTAJOGLO, Solo - Gemerlap cahaya api yang berkobar dalam atraksi firedance, menambah hangat suasana acara pembukan Solo Indonesia Culinary Festival (SICF) 2024 di Stadion Manahan Kota Solo pada Kamis malam, 9 Mei 2024.

Memasuki tahun yang ke-9, SICF 2024 digelar mulai tanggal 9 - 12 Mei 2024 dengan mengangkat Soto sebagai tema di gelaran tahun ini.

"Soto adalah makanan rakyat yang ada di seluruh Indonesia dengan beragam variannya. Karena itulah tahun ini kita mengangkat soto sebagai salah satu kekayaan kuliner nusantara," jelas Daryono, pimpinan Sinergi Event sekaligus ketua panitia SICF saat ditemui di sela-sela acara.

Prosesi pembukaan SICF ditandai dengan menumis bumbu soto bersama 

Karena menjadi tema, dalam acara pembukaan ini juga digelar lomba makan soto. Dan bahkan prosesi pembukaan secara resmi ditandai dengan aksi menumis bumbu soto secara bersama-sama antara ketua panitia, Ketua Kadin Surakarta serta berbagai stakeholder yang terlibat.

"Kita memang selalu melibatkan berbagai stakeholder terutama di bidang kuliner, sebagai upaya untuk mewujudkan visi Kadin guna mengembangkan kewilayahan dari segi apapun. Salah satunya kuliner," lanjut Daryono.

Daryono berharap festival kuliner menjadi momentum untuk mempererat dan mempersatukan langkah dalam memajukan wilayah, terutama dalam konteks aglomerasi di bidang kuliner. 

"Semoga ke depan event seperti SICF ini tidak hanya menjadi agenda kota Solo, tetapi juga wilayah lain di Indonesia," tandasnya.

Sementara itu Ketua Kadin Surakarta, Ferry S Indrianto menyatakan harapannya agar Solo dapat menjadi ibu kota kuliner dengan kekhasan yang dimiliki.

"Dengan aglomerasi diharapkan tercipta kolaborasi antara Solo dan daerah sekitarnya, terutama dalam penyediaan kebutuhan kuliner. Dan untuk pengembangan ekosistem, kuliner di Solo ini harus jadi industri. Untuk itu Kadin Surakarta berkomitmen terus memberikan dukungan dan pendampingan," katanya. 

Ferry juga berharap agar SICF bisa menjadi agenda yang berkelanjutan dan membawa dampak positif bagi perkembangan industri kuliner Indonesia secara keseluruhan.

Dalam SICF yang digelar selama empat hari ini, puluhan stand yang menyajikan ratusan menu kuliner dari berbagai daerah di Indonesia dilibatkan dalam festival ini, untuk memanjakan lidah para pengunjung. //Bang

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close