POPULER

Sisir Cemorokandang, Polsek Tawangmangu Amankan Kerumunan Remaja Berseragam Penuh Coretan

Sisir Cemorokandang, Polsek Tawangmangu Amankan Kerumunan Remaja Berseragam Penuh Coretan

WARTAJOGLO, Karanganyar - Polsek Tawangmangu Polres Karanganyar, mengambil langkah proaktif dengan menggelar apel pasukan serta melakukan penyisiran jalan di sepanjang wilayah Tawangmangu pada Senin 6 Mei 2024. 

Langkah ini dilakukan untuk mengantisipasi potensi gangguan ketertiban umum dari konvoi para siswa lulusan SMA/SMK yang seringkali diiringi dengan aksi corat-coret.

Pada operasi penyisiran ini, polisi menemukan kerumunan remaja yang baru lulus sekolah di arah Cemorokandang. 

Begitu didekati, para remaja tersebut langsung membubarkan diri dengan arah terpencar, menunjukkan reaksi spontan untuk menghindari pemeriksaan pihak kepolisian.

Kapolsek Tawangmangu AKP Sutarno (kanan) menunjukkan seragam sekolah dan sepeda motor yang berhasil diamankan dari para remaja saat melakukan penyisiran di kawasan Cemorokandang

Kapolsek Tawangmangu, AKP Sutarno mewakili Kapolres Karanganyar AKBP Jerrold H.Y. Kumontoy, mengungkapkan bahwa dalam penyisiran tersebut, beberapa remaja berhasil diamankan. 

Mereka terlihat mengenakan baju setelan putih abu-abu yang sudah dicorat-coret, serta menggunakan sepeda motor dengan knalpot yang tidak sesuai standar. 

"Setelah apel kesiapan selesai kami segera bergerak menyisir jalan raya baik jalan raya Tawangmangu-Karangpandan maupun Tawangmangu-Matesih, namun tidak kami temui konvoi maupun aksi corat coret. Kemudian kami lanjutkan ke arah Cemorokandang, dan ternyata sudah cukup banyak muda mudi yang berkumpul di sana, kami hampiri dan mereka langsung membubarkan diri kocar kacir," kata Sutarno.

Ditambahkan bahwa para remaja ini berupaya mengelabui petugas dengan awalnya menggunakan pakaian biasa. Namun, begitu sampai di Cemorokandang, mereka berganti pakaian untuk melakukan aksi corat-coret. 

"Ada beberapa yang berhasil diamankan dan setelah diinterogasi ternyata keberangkatan mereka menggunakan pakaian biasa bukan seragam putih abu-abu. Baru setelah sampai di lokasi titik kumpul, seragam putih abu-abu dikenakan. Hal tersebut dilakukan untuk mengelabuhi pihak kepolisian," imbuhnya.

Tindakan ini dipandang salah satu bentuk gangguan ketertiban umum yang dapat merugikan masyarakat serta mengganggu keamanan dan ketertiban di wilayah tersebut.

Selain itu, kendaraan yang tidak sesuai standar diserahkan kepada Satlantas untuk ditindak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

"Dari beberapa muda mudi yang dapat kami amankan, segera kami lakukan pendataan dan kami minta untuk menyerahkan seragam putih abu-abu yang telah dicorat coret untuk kami amankan demi menjaga keselamatan dan kondunsifitas. Sementara yang kedapatan kendaraannya terpasang knalpot tidak standar spesifikasi kami serahkan ke Satlantas Polres Karanganyar untuk ditilang," tegasnya.

Karena itulah para remaja yang diamankan kemudian diberikan pembinaan agar tidak mengulangi tindakan yang melanggar hukum dan norma sosial tersebut. 

"Selanjutnya kami beri pembinaan dan himbauan untuk segera pulang ke rumah masing-masing, dan tidak perlu melakukan konvoi yang dapat mengganggu situasi kamtibmas Kabupaten Karanganyar. Semoga langkah antisipasi kami ini dapat menjaga situasi kondunsifitas Kabupaten Karanganyar," pungkasnya.

Langkah proaktif yang diambil oleh Polsek Tawangmangu ini merupakan upaya nyata dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayahnya, terutama dalam mengantisipasi potensi gangguan dari kegiatan konvoi siswa lulusan SMA/SMK. 

Dengan adanya tindakan seperti ini, diharapkan masyarakat dapat merasa aman dan nyaman serta terhindar dari potensi kerusuhan atau gangguan lainnya yang mungkin timbul dari kegiatan serupa di masa mendatang. //Bang

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close