TfG6TUW8BUO7GSd6TpMoTSd7GA==
,, |

Breaking News

Bawang Merah Senjata Ampuh Atasi Tingginya Gula Darah

WARTAJOGLO - Bawang merah bukan hanya bumbu dapur yang biasa kita temukan, tetapi juga memiliki manfaat besar dalam pengendalian diabetes. 

Dengan berbagai penelitian yang mendukung, bawang merah terbukti efektif menurunkan gula darah dan memberikan manfaat kesehatan lainnya. 

Oleh karena itu, penderita diabetes dapat mempertimbangkan untuk menambahkan bawang merah ke dalam pola makan mereka sehari-hari sebagai bagian dari upaya menjaga kadar gula darah tetap terkendali.

Kandungan zat khusus pada bawang merah dipercaya ampuh atasi kadar gula tinggi pada penderita diabetes

Bawang merah sendiri sudah lama dikenal sebagai salah satu dari ratusan tanaman yang dipercaya mampu menekan gula darah.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada 1923 pernah menemukan adanya depressor gula darah dalam bawang merah. 

Sementara para peneliti di India yang melakukan pemberian bawang merah, baik berupa jus maupun bawang merah utuh sebesar 25-200 gram pada subjek penelitian, menemukan bahwa semakin banyak bawang merah yang diberikan, semakin besar gula darah yang berkurang. 

Yang menarik, tidak ada perbedaan signifikan antara bawang merah mentah dan bawang merah yang telah direbus.

Menurut teori tim peneliti, bawang merah mempengaruhi metabolisme gula dalam hati, metabolisme pelepasan insulin, atau mencegah perusakan insulin. 

Zat yang mungkin memiliki kemampuan hipoglikemia (menurunkan kadar gula darah) aktif adalah allyl propyl disulfide dan allicin. 

Bukti eksperimen dan klinis menunjukkan bahwa allyl propyl disulfide menurunkan gula darah dengan cara meningkatkan "masa hidup" (lifespan) insulin.

Pada 1960-an, peneliti berhasil mengisolasi senyawa antidiabetes dari bawang merah yang bekerja mirip dengan obat farmasi antidiabetes umum yang dikenal sebagai tolbutamide. 

Tolbutamide sering digunakan untuk mengurangi kadar gula darah dengan cara merangsang sintesis dan pengeluaran insulin. 

Pada percobaan dengan kelinci, ekstrak bawang merah menunjukkan efektivitas 77 persen setara dengan dosis standar tolbutamide.

Penelitian lain menunjukkan bahwa bawang merah memiliki efek menurunkan gula dan lemak darah. 

Oleh sebab itu, disarankan untuk menambahkan bawang merah ke dalam setiap hidangan makanan. 

Bahkan bawang merah dapat digunakan setelah makan dalam jumlah bebas, karena membantu penderita diabetes dalam menjaga kadar gula darah mereka tetap stabil. //Bbs

Type above and press Enter to search.

close