POPULER

Bukan untuk Popularitas Sang Artis, Alun-alun Boyolali Dirilis Dua Versi

Bukan untuk Popularitas Sang Artis, Alun-alun Boyolali Dirilis Dua Versi



Dirilis dalam dua versi dengan dua artis yang berbeda, lagu Alun-alun Boyolali memang tidak bertujuan untuk mengangkat nama sang artis. Melainkan lebih mengenalkan potensi wisata Kabupaten Boyolali ke masyarakat luas.

WARTAJOGLO - Meski banyak destinasi wilayah yang menarik, namun Kabupaten Boyolali seperti kurang begitu dikenal akan potensinya itu. Justru wilayah yang diapit dua gunung besar Merapi dan Merbabu itu, lebih dikenal sebagai Kota Susu. Lantaran menjadi penghasil susu sapi terbesar di Jawa Tengah.

Tak ingin cuma dikenal sebagai New Zealand nya Indonesia, berbagai elemen kotabini juga berupaya memperkenalkan potensi lain dari Kabupaten Boyolali, terutama wisatanya. Salah satunya seperti yang dilakukan para seniman, yang mencoba mengangkatnya lewat karya cipta lagu.

Adalah Rima Kusuma, seniman yang juga ketua Persatuan Artis Penyanyi Pencipta Lagu dan Pemusik Republik Indonesia (PAPPRI) Boyolali yang mengangkatnya lewat lagu 'Alun-alun Boyolali'. Di mana dalam liriknya juga digambarkan tentang keindahan alam serta beberapa obyek wisata yang ada di kota ini.

Foto: ist
Rima Kusuma (pakai topi) bersama Boby Gaol (tengah) saat promosi lagunya di Radio Gapuro Pasar Klewer Solo

Diciptakan oleh Andy Zate, lagu ini dinyanyikan oleh Rima dalam versi keroncong, sebagaimana aliran musik yang selama ini digelutinya. Lagu itupun dirilis bersama para seniman PAPPRI di kawasan tugu Susu Tumpah pada Sabtu (2/11) siang. 

Baca Juga: 

Namun demi pengenalan yang lebih luas, akhirnya para seniman Boyolali sepakat untuk dibuatlah lagu ini dalam versi lain, yaitu dangdut. Mengingat aliran musik yang satu ini sangat populer di masyarakat. Sehingga diharapkan bisa lebih cepat mempopulerkan lagu Alun-alun Boyolali. Yang tentunya juga bisa semakin mengenalkan potensi wisata daerah ini.

Adalah Bombi Parlin Lumban Gaol, jebolan ajang pencarian bakat X Factor 2014 yang dipercaya sebagai penyanyi. Pria yang juga anggota TNI AU aktif berpangkat Letkol ini memang dikenal sangat tinggi dedikasinya pada bidang seni. Sehingga meski berdarah Batak, dia tidak canggung untuk menyanyikan lagu Alun-alun Boyolali yang menggunakan Bahasa Jawa.

Dengan menggunakan nama popular Boby Gaol, Letkol Bombi pun gencar melakukan promosi lagu yang menjadi single barunya. Salah satunya dengan melakukan rilis di Radio Gapuro Pasar Klewer Solo beberapa saat setelah rilis bersama PAPPRI di tugu Susu Tumpah Boyolali. Ditemani Rima Kusuma dan beberapa rekannya yang lain, kehadiran Boby disambut antusias oleh para warga yang berada di pasar tekstil terbesar di Kota Solo itu.
Rilis satu lagu dalam dua versi dan dua artis yang berbeda bisa jadi baru terjadi di lagu Alun-alun Boyolali. Karena biasanya remake lagu dalam versi berbeda akan dilakukan oleh artis lain, setelah lagu itu sudah ngehits dan identik dengan penyanyi pertamanya. Sehingga masyarakat sudah bisa dengan mudah menerimanya.

Terkait hal ini Rima sebagai penyanyi yang pertama kali merilis menyebut hal itu tidak masalah. Sebab baginya tujuan oerilisan lagu Alun-alun Banyuwangi bukan semata untuk popularitas pribadi. Tapi lebih bertujuan untuk mengangkat nama Boyolali, terutama dari beragam destinasi wisatanya.

Rima Kusuma dalam salah satu adegan di video klip Alun-alun Boyolali

"Bagi saya tidak masalah siapa yang nantinya akan lebih populer. Yang terpenting, tujuan kita untuk mengangkat nama Boyolali bisa tercapai. Dan masyarakat bisa memilih, mau mendengarkan yang versi keroncong dengan suara saya. Atau versi dangdut dengan suara Pak Boby. Monggo, silahkan aja semua tergantung selera masing-masing," jawabnya saat dihubungi wartajoglo.com melalui sambungan telepon.

Video klip lagu Alun-alun Boyolali versi dangdut sendiri sudah dibuat. Di mana Rima dipilih sebagai model di dalamnya. Dan sesuai dengan misi awalnya, dalam video klip ini juga ditampilkan beberapa destinasi wisata andalan Boyolali.

"Kita sudah sering kerjasama dengan Mas Boby. Makanya dalam lagu ini kita juga saling mendukung. Selain jadi model di video klip versi dangdut, ke depannya kita juga berencana membuat proyek kolaborasi. Jadi kita tunggu saja," sambung Rima.

Khusus untuk Rima sendiri, lagu Alun-alun Boyolali ini nantinya akan menjadi satu dari sekian banyak lagu dalam album terbarunya. Yang mana album itu siap dirilis dalam waktu dekat. //her

Iklan Atas Artikel


 

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel