POPULER

Inilah Cara ISI Kenalkan Wayang Sejak Dini pada Anak-Anak

Inilah Cara ISI Kenalkan Wayang Sejak Dini pada Anak-Anak

Foto: dok ISI Surakarta

Beragam acara digelar ISI Surakarta, dalam rangksian peringatan Hari Wayang Dunia 2019


WARTAJOGLO - Sebagai salah satu warisan budaya dunia, sudah selayaknya kalau kesenian wayang harus selalu dijaga dan dilestarikan. Dan salah satu upaya pelestariannya adalah pengenalan wayang sejak dini pada anak-anak.

Hal inilah yang dilakukan oleh Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta. Yang mana bersamaan dengan peringatan Hari Wayang Dunia (HWD) 2019, institusi ini menggelar lomba mewarnai gambar wayang, untuk anak-anak di bawah 7 tahun. 

Lomba mewarnai gambar wayang sendiri adalah satu dari sekian banyak rangkaian acara yang digelar ISI Surakarta, berkaitan dengan HWD yang jatuh pada tanggal 7 Nopember. 

Baca Juga: 

"Kegiatan kreatif ini bertujuan untuk lebih mengenalkan wayang kepada generasi milenial, sehingga mendekatkan jiwa dan pikiran anak pada kearifan lokal, sehingga bisa mengapresiasi dalam nilai-nilai budaya tradisi ke dalam kehidupan," terang Dr Sugeng Nugroho, S.Kar., M.Sn, Dekan Fakultas Seni Pertunjukan ISI Surakarta, yang membuka acara ini di Pendapa GPH. Djoyokusuma, ISI Surakarta, Minggu (3/11) pagi.

Kesenian wayang sendiri memang terbilang kesenian yang unik. Kesenian ini tidak hanya dipahami dari aspek materi secara artistik. Tapi lebih dari itu ada nilai-nilai filosofi yang sangat kuat. Yabg membuatnya berbeda dengan kesenian lainnya. 

Karena itulah, penanaman nilai-nilai itu dirasa perlu untuk diterapkan pada anak-anak sejak dini. Sehingga tercetuslah ide untuk mengajak mereka mengenal tokoh-tokoh wayang melalui kegiatan lomba mewarnai. 

Dengan menggunakan media kertas berukuran A3, anak-anak yang berjumlah sekitar 100 orang itupun dengan antusias menggoreskan kuas-kuas mereka.  Sehingga terciptalah gambar wayang berwarna warni sesuai dengan daya imajinasi anak-anak itu. 
"Para tokoh wayang yang dijadikan lomba adalah tokoh Pandawa. Tujuannya agar anak-anak itu bisa kenal dan tahu karakter dari masing-masing tokoh. Untuk kemudian diresapi dan dijadikan tauladan dalam keseharian," sambung Sugeng.

Selain lomba mewarnai wayang, rangkaian Peringatan Hari Wayang Dunia 2019, juga diisi dengan kegiatan  pameran seni rupa, seminar, dan pertunjukan wayang. Acaranya sendiri dimulai dari Senin - Rabu, 4-6 Novermber 2019. 

Acara lomba mewarnai terasa semakin meriah. Karena bersamaan dengan itu, dipentaskan pentas Wayang Dongeng, oleh Ki Deres Sugiyono, S.Sn, dari Sanggar Panji Wulung, Wonogiri.//sik

Iklan Atas Artikel


 

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel