POPULER

Ternyata Inilah Rahasia SD Muhammadiyah 1 Ketelan, Juarai Lomba Sekolah Sehat se Jateng

Ternyata Inilah Rahasia SD Muhammadiyah 1 Ketelan, Juarai Lomba Sekolah Sehat se Jateng



Penerapan pola hidup bersih dan sehat yang begitu ketat di lingkungan SD Muhammadiyah 1 Ketelan, Surakarta, akhirnya mengantarkan sekolah ini meraih juara pertama Lomba Sekolah Sehat

WARTAJOGLO - Sri Sayekti tak bisa menyembunyikan rasa bahagianya, saat menerima tropi juara serta hadiah uang pembinaan, dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Senyum lebar terus menghias wajah Kepala SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta ini selama prosesi penyerahan hadiah Lomba Sekolah Sehat, yang bersamaan dengan upacara peringatan Hari Guru di SMA Negeri 1 Semarang, pada Senin (25/11) pagi.

Tropi juara beserta uang pembinaan Rp.15 juta, menjadi penanda bahwa sekolah yang dipimpinnya meraih juara pertama dalam Lomba Sekolah Sehat tingkat Propinsi. Di mana SD Muh 1 Ketelan berhasil menyisihkan sekolah-sekolah lain yang juga dikenal bagus dalam penerapan budaya kebersihan dan kesehatannya.

Didampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Surakarta, Etty Retnowati, SH., MH, serta Waka Humas, Jatmiko, Sri Sayekti mengatakan bahwa prestasi itu didapat karena program yang dicanangkan sudah berjalan dengan baik. Sehingga seluruh warga sekolah sudah terbiasa dengan pola hidup bersih dan sehat.

Baca Juga:


“Alhamdulillah, kali ini kita berhasil meraih juara pertama, semoga warga sekolah mampu mempertahankan dan mewujudkan pola hidup bersih dan sehat di lingkungan sekolah,” ungkap Sri Sayekti, kepada para awak media yang mewawancarainya.

Pencapaian luar biasa dari SD Muh 1 Ketelan ini sebenarnya bukanlah didapat secara instan. Ada proses panjang yang dijalani, yang tujuannya adalah menciptakan perilaku hidup bersih dan sehat di kalangan siswa. Sehingga saat ada penilaian, semua elemen busa berjalan dengan sendirinya, tanpa harus ada yang dipaksa-paksa.

Alhasil saat mulai mengikuti lomba tingkat kota, sekolah ini bisa meraih prestasi yang baik. Bahkan saat naik ke level se Solo Raya, SD Muh 1 juga tidak merasa kesulitan. Hingga akhirnya diikutkan lomba ke tingkat propinsi. Dan kembali meraih prestasi, dengan menjadi juara pertama.

“Tim penilaian provinsi dari Semarang sudah turun beberapa waktu lalu pada tanggal 20 November 2019 untuk memberikan penilaian dan verifikasi terhadap sekolah kami, 3 hal penting yang di budayakan sekolah meliputi pendidikan karakter dan agama, cara belajar dan berfikir yang berbeda dan mengasah bakat serta minatnya,” sambung Sri Sayekti,

Ada banyak aspek yang dinilai oleh tim dalam lomba sehat ini, yakni mulai dari sarana prasarana sekolah secara umum, serta yang penting antara lain adanya Usaha Kesehatan Sekolah (UKS). Di mana program UKS sudah harus berjalan dengan baik. Yang dalam hal ini menyangkut pembekalan kepada peserta didik tentang pola hidup sehat. Serta adanya kegiatan dokter kecil, yang jika ada kecelakaan ringan dapat segera ditangani secara mandiri.

“Kita harapkan dukungan dan doa semoga Solo bisa meraih juara pertama di tingkat nasional nantinya," ujar Sri Sayekti.

Sementara dalam penilaian lomba tersebut posisi juara kedua diraih SDN Pekunden Kota Semarang, juara tiga SDN Langensari 02 Kabupaten Semarang, juara empat SDN 1 Semanding Kabupaten Kebumen, juara lima SD Masehi kabupaten Kudus dan juara enam SDN Puhgogor 01 Kabupaten Sukoharjo.//lis

Iklan Atas Artikel


 

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel