POPULER

Bangkitkan Empati pada ADHA Lewat Ekspresi Seni

Bangkitkan Empati pada ADHA Lewat Ekspresi Seni


Melalui aksi menggambar bersama, para siswa diajarkan untuk peduli dan empati terhadap para penderita AIDS

WARTAJOGLO, Solo - Sebagai penyakit yang sampai saat ini belum ditemukan obatnya, Aids telah menjadi momok tersendiri bagi masyarakat dunia. Dan ironisnya, dari waktu ke waktu jumlah penderita AIDS juga masih terus bertambah. Termasuk anak-anak.

Banyaknya anak yang terinfeksi virus HIV penyebab AIDS memang membuat siapapun prihatin. Sebab mereka terinfeksi bukan karena kesalahan mereka sendiri. Melainkan tertular dari orang tuanya saat masih di dalam kandungan. 

Wujud keprihatinan itu adalah dengan menerapkan tanggal 1 Desember sebagai Hari AIDS Sedunia. Di mana dalam setiap peringatannya selalu dikampanyekan untuk menjaga perilaku dan gaya hidup yang memicu HIV. Agar pertambahan jumlah Anak dengan HIV/AIDS (ADHA) bisa ditekan.

Baca Juga:
Salah satu kepedulian itu ditunjukkan oleh puluhan siswa dari TK Surya Mentari, Manahan, Surakarta. Yang mana mereka melakukan aksi menggambar bersama di atas triplek hitam, dengan kapur putih, sebagai simbol pesan kepada masyarakat luas untuk menghapus stigma negatif terhadap ADHA.

"Aksi ini adalah wujud kepedulian dan empati kepada ADHA melalui aksi kreatif gambar, coretan, tulisan dan beragam bentuk lainnya. Sehingga anak-anak bisa terlatih sejak dini untuk peduli dengan sesamanya. Terutama tidak lagi melakukan stigma dan diskriminasi terhadap ADHA," ujar Basnendar Herry Prilosadoso, pendiri Komunikotavisual, salah satu penggagas acara ini.

Ya, acara ini diinisiasi oleh kerjasama antara Komunikotavisual,  KPA (Komisi Penanggulangan Aids), dan KB TK Surya Mentari, Manahan. Digelar di depan halaman Lodji Gandrung, rumah dinas Walikota Surakarta, pada Minggu (1/12) pagi. Diharapkan pesan yang ingin disampaikan, bisa diterima oleh banyak orang, yang menikmati car feee day.

Selain menggambar,  ada juga penampilan dari Marching Band KB TK Surya Mentari. Yang menampilkan kemampuan mereka dalam koreografi yang menarik. Sehingga bisa memberi hiburan tersendiri pada seluruh masyarakat yang ada di arena CFD.//bang

Iklan Atas Artikel


 

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel