POPULER

Mengungkap Kelas Khusus yang Dipertandingkan di Kejuaraan Nasional Silat Perisai Diri Antar Pelajar

Mengungkap Kelas Khusus yang Dipertandingkan di Kejuaraan Nasional Silat Perisai Diri Antar Pelajar

Foto: perisai-diri.com

Meski bagian dari IPSI, Perisai Diri juga memiliki kelas khusus di luar standart IPSI. Yang dipertandingkan dalam setiap event kejuaraan perguruan silat tersebut


WARTAJOGLO, Solo - Untuk ke lima kalinya event Kejuaraan Nasional Silat Perisai Diri Antar Pelajar digelar. Dan kali ini Kota Solo kembali terpilih sebagai  tuan rumah kejuaraan yang memperebutkan piala bergilir Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Sri Pakualam IX/X itu, setelah beberapa tahun lalu juga menjadi tuan rumah.

Event ini sendiri akan diikuti sekitar 1371 pelajar se Indonesia dari tingkat SD hingga SMA. Bahkan beberapa perwakilan dari luar negeri, dalam hal ini Timor Leste, juga akan ikut bertanding, menguji kemampuan mereka.

Dilaksanakan pada 18-22 Desember 2019 , event ini sedianya akan dihadiri oleh beberapa tokoh penting. Di antaranya Ketua PB IPSI yang juga Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto. Lalu tentunya Sri Sultan HB X dan Sri Pakualam X, sebagai penyedia piala penghargaan. 

Heru Tetuko (tengah) saat menjelaskan tentang event Kejuaraan Nasional Silat Perisai Siri Antar Pelajar

"Selain Pak Prabowo dan Sultan, nanti Pak Ganjar (Gubenur Jawa Tengah) juga dijadwalkan hadir dalam pembukaan. Lalu ada juga ketua SKK Migas. Bahkan artis Prisia Nasution juga akan datang. Kebetulan dia memang anggota Perisai Diri," jelas Heru Tetuko, ketua panitia penyelenggara dalam acara jumpa pers di sebuah rumah makan di kawasan Colomadu, Karanganyar, Jumat (13/12) siang. 

Ada beberapa kelas yang akan dipertandingkan dalam kejuaraan ini. Selain kelas standar IPSI, tentunya ada juga kelas standard Perisai Diri yang berbeda dengan perguruan silat lain.

"Kita punya kelas yang namanya serang hindar. Jadi sebelum ada MMA (Mix Martial Art), Perisai Diri sudah memiliki kelas ini. Di mana peserta bebas menyerang seluruh bagian tubuh lawan," sambung Heru.

Pertandingan ini sendiri akan dipimpin oleh juri-juri berskala nasional dan bahkan internasional, yang masuk IPSI. Sedangkan untuk kelas khusus seperti serang hindar, pertandingan akan dipimpin oleh para pendekar dari internal PD sendiri.

Dalam upacara pembukaan, kejuaraan yang digelar di GOR Sritex Arena ini akan ditampilkan beberapa ekshibisi, salah satunya tanding dengan keris. Bahkan untuk prosesi pencabutan keris akan dilakukan oleh Sri Sultan HB X. 

Piala bergilir dari Sri Sultan HB X dan Sri Pakualam IX/X

Selain itu juga akan ditampilkan tayangan sejarah Perisai Diri, dari terbentuknya, prestasi hingga diberinya penghargaan pendiri PD RMS Soebandiman Dirdjoatmojo, sebagai Pendekar Purna Utama oleh negara.  RMS Soebandiman Dirdjoatmojo sendiri adalah cucu pahlawan nasional yang juga bapak pendidikan, Ki Hajar Dewantara.

"Selain memperebutkan piala bergilir dari Sri Sultan, kejuaraan ini juga bisa menjadi ajang seleksi untuk mencari bibit-bibit terbaik, yang akan maju dalam event PON. Karena itu yang akan ditampilkan adalah para pesilat terbaik dari setiap cabang di seluruh Indonesia," pungkas Heru. // bang

Iklan Atas Artikel


 

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel