POPULER

Kerahkan Anjing Pelacak untuk Pastikan Keamanan Gereja

Kerahkan Anjing Pelacak untuk Pastikan Keamanan Gereja



Dengan peralatan metal detector dan anjing pelacak, personil Sabhara Polres Wonogiri melakukan penyisiran pada gereja-gereja di wilayah Wonogiri


WARTAJOGLO, Wonogiri - Jaminan keamanan penuh diberikan oleh pihak Polres Wonogiri untuk warga yang hendak menjalankan ibadah Natal. Karena itu, sejak sehari sebelumnya, satuan Sabhara Polres Wonogiri terus melakukan penyisiran ke gereja-gereja yang ada di wilayah Kabupaten Wonogiri. Demi memastikan tidak adanya hal-hal yang bisa memicu masalah di tempat itu.

Dipimpin langsung oleh Kasat Sabhara AKP Budiyono, para anggota Sabhara Polres Wonogiri melakukan konvoi. Mereka berkeliling kota dengan menggunakan mobil patroli dan kendaraan roda dua pengurai masa, serta mobil K2 yang membawa anjing pelacak. 

Puluhan personil Sabhara ini melakukan seterilisasi gereja gereja di wilayah wonogiri secara serentak, sejak hari Selasa, 24 sampai dengan 25 Desember 2019. Penyisiran dilakukan mulai dari gereja terdekat dengan Mapolres Wonogiri yakni GSPI, gereja di Prencil menuju Gereja St Yohanes Rasol, GKI dan GKJ serta belasan gereja lainnya.

"Sterilisasi gereja-gereja ini dilakukan guna mencegah suatu hal yang tidak diinginkan. Sebagai wujud jaminan keamanan di wilayah Wonogiri, dalam rangka operasi lilin candi 2019 dan perayaan tahun baru 2020," jelas Budiyono di sela-sela kegiatan pengamanan gereja.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini, anggota Sabhara dibekali dengan metal detektor. Hal ini untuk mengantisipasi kemungkinan adanya benda-benda berbahaya yang sengaja dibawa oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab. Bahkan tak hanya metal detector, beberapa anjing pelacak juga dikerahkan untuk memastikan kondisi tempat yang aman.

"Kami kerahkan mobil khusus K2 yang mengangkut anjing pelacak. Dan kami akan lakukan sterilisasi tiap hari di tempat2 yang kami nilai rawan hingga tahun baru nanti," pungkas mantan Kapolsek Wonogiri Kota ini. 

Patroli Sinergitas
Sementara itu, di saat para anggota Sabhara sibuk mengamankan gereja, Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing bersama Dandim 0728 Letkol inf Imron Marsyhadi, melakukan pengecekkan ke Terminal Giri Adipura tipe A Wonogiri, pada Kamis (26/12) siang. Hal ini dilakukan sebagai rangkaian dari operasi lilin candi, dalam rangka menjaga Sitkamtibmas Natal dan tahun baru 2020. 

Kapolres Wonogiri dan Dandim 0728 melakukan sidak ke Terminal Wonogiri

Duet kedua pimpinan TNI - Polri ini hampir tiap hari selalu bersama sama melakukan patroli selama ops lilin candi. Yang mana giat patroli sinergitas ini menambah solidnya TNI dan Polri di wonogiri.

Patroli sinergitas pengecekan pengamanan tersebut dilakukan kapolres bersama dandim untuk mengetahui secara langsung masing2 anggotanya yang melaksanakan tugas pengananan, baik yg jaga di gereja, obyek vital serta yg berada di polsek dan koramil. Dengan begitu, sebagai pimpinan baru di masing-masing institusi, mereka bisa mengenal wilayah uang ia pimpin.  //sik

Iklan Atas Artikel


 

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel