POPULER

Sakralnya Upacara Kenaikan Pangkat Anggota Polres Wonogiri

Sakralnya Upacara Kenaikan Pangkat Anggota Polres Wonogiri

WARTAJOGLO, Wonogiri - Enam orang anggota Polres Wonogiri segera berjalan maju ke tengah halaman Mapolres Wonogiri, saat nama mereka dipanggil untuk mewakili 74 anggota lain, yang menerima kenaikan pangkat. Ya, jelang pergantian tahun, hadiah istimewa berupa kenaikan pangkat, didapatkan puluhan anggota  Polres Wonogiri.

Yang menarik, dalam upacara Apel Korp Raport Kenaikan Pangkat Reguler TMT 1 Januari 2020 itu, para anggota yang mendapat kenaikan pangkat, dimandikan dengan air kembang. Dan hal itu dilakukan secara langsung oleh Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing, kepada enam orang perwakilan anggota. 
 
 
Mandi kembang menjadi tradisi sakral yang dijalani anggota Polres Wonogiri, dalam upacara kenaikan pangkat

Satu persatu mereka diguyur dari ujung kepala dengan menggunakan gayung khusus. Aroma wangi semerbak pun langsung tercium, bersamaan dengan guyuran air bercampur bunga setaman. Yang tentu menciptakan suasana sakral, dalam upacara tersebut.

Usai prosesi sakral itu, puluhan anggota yang lain lantas disiram dengan air meggunakan selang. Sorak soraipun membahana dari para anggota menyambut siraman air itu.

"Ada prosedur tertentu yang sudah dilewati sebelum seorang anggota mendapat kenaikan pangkat. Dan hal itu melalui proses penilaian oleh dewan pertimbangan atau kebijaksanaan karir dengan ketentuan sesuai peraturan yang ada," jelas Kapolres usai upacara.

Dalam periode kenaikan pangkat kali ini, anggota Polres Wonogiri yang mendapatkan 'anugerah' adalah 6 personil Iptu, yang naik jadi AKP.  Lalu Ipda ke Iptu 11 personil, Bripka ke Aipda 5 personil. Kemudian Brigadir ke Bripka 29 personil, Briptu ke Brigadir 5 personil, serta Bripda ke Briptu ada 18 personil.

"Saya berharap dengan kenaikan pangkat ini bisa meningkatkan motivasi para anggota. Sehingga bisa mempercepat laju organisasi untuk mencapai tujuannya," pungkas Kapolres. //sik

Iklan Atas Artikel


 

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel