POPULER

Optimis Juara Nasional, Inilah Modal SD Muhammadiyah 1 Ketelan Ikut Lomba Sekolah Sehat

Optimis Juara Nasional, Inilah Modal SD Muhammadiyah 1 Ketelan Ikut Lomba Sekolah Sehat


Serangkaian persiapan sudah dilakukan oleh SD Muhammadiyah 1 Ketelan, jelang pelaksanaan Lomba Sekolah Sehat tingkat Nasional

WARTAJOGLO, Solo - Setelah menjuarai Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat propinsi beberapa hari lalu, SD Muhammadiyah 1 Ketelan pun sudah bersiap menyongsong gelaran lomba yang sama dengan level lebih tinggi, yaitu nasional. Meski demikian, tak banyak persiapan khusus yang dilakukan sekolah ini. Sebab selama ini ekosistem di dalamnya sudah berjalan sedemikian bagus untuk menerapkan budaya hidup bersih dan sehat.

Hal ini terungkap dalam Rapat Koordinasi Pembinaan dan Koordinasi Lintas Sektor, dengan Kepala Bidang (Kabid) Sosial Budaya Pemerintahan Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda), Sumilir Wijayanti.  Yang dihadiri sekitar 41 lembaga dan elemen masyarakat yang bergerak di bidang kesehatan, pada Senin (2/12) siang, di Ruang Rapat B, Bappeda Kota Surakarta.

Baca Juga:

Dalam rakor itu Kepala SD Muhammadiyah 1 Ketelan Hj Sri Sayekti, S.Pd, M.Pd menyampaikan terkait kesiapan sekolah yang dipimpinnya, untuk mengikuti LSS tingkat nasional. Yang mana dengan ekosistem yang sudah berjalan saat ini, sekolahnya siap menunjukkan segala yang terbaik dalam pelaksanaan lomba tersebut. 

”Program pokok UKS meliputi pendidikan kesehatan, kita punya guru UKS. Kita juga mengadakan program kemitraan dengan Puskesmas Stabelan, DLH Solo, serta Pertanian. Hal ini untuk pelayanan konseling kesehatan, pelayanan medik gigi dan pembinaan lingkungan. Yang mana salah satu wujudnya adalah adanya Bank Sampah, Kantin sehat, PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat), tercipta sekolah kawasan bebas asap rokok dan toilet kejujuran,” jelas Sri Sayekti. 

Dia menegaskan, sesuai dengan hasil rapat koordinasi bahwa titik berat LSS adalah karakter sehat jasmani dan rohani, maka sekolah harus berkoordinasi internal dengan lintas sektoral,  mulai dari RT/RW, kelurahan,  kecamatan,  dan kota. 

”Kita harus bersama-sama menyukseskan LSS untuk Solo,  Jawa Tengah dan Nasional,” tegasnya.

SD Muhammadiyah 1 Ketelan sendiri saat ini sudah berusia 84 tahun. Berlokasi di Kelurahan Ketelan Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta, sekolah ini menempati lahan seluas 1984 m². 

Selama ini sekolah telah memiliki segudang prestasi siswa baik akademik maupun non akademik yang sangat membanggakan. Sejumlah siswa kerap meraih prestasi di tingkat nasional dan internasional. Sehingga diharapkan dengan raihan sebagai juara dalam LSS nanti, bisa melengkapi sederet prestasi yang sudah pernah diraih. 

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Sosial Budaya Pemerintahan Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda), Sumilir Wijayanti menyampaikan, Pemkot mengapresiasi sekolah-sekolah Solo yang juara tingkat provinsi dan menjadi wakil dalam LSS tingkat nasional tahun depan. Selain untuk prestis, tentunya raihan prestasi itu nantinya bisa benar-benar berdampak positif pada pembentukan perilaku hidup sehat di kalangan anak-anak. //her

Iklan Atas Artikel


 

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel