POPULER

Ditanya Warga Slogohimo Soal SIM. Ini Jawaban Kapolres Wonogiri

Ditanya Warga Slogohimo Soal SIM. Ini Jawaban Kapolres Wonogiri


Sebagai upaya m jalin silaturahmi dengan berbagai kelompok masyarakat, Kapolres Wonogiri berkunjung ke pengurus organisasi keagamaan LDII dan warga Kecamatan Slogohimo


WARTAJOGLO, Wonogiri - Rangkaian kegiatan silaturahmi ke tengah masyarakat dilakukan oleh Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing pada hari Selasa 21 Januari 2020. Didampingi para pejabat utama Polres, kunjungan pertama dilakukan ke Pengurus DPD LDII (Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Dakwah Islam Indonesia) Kabupaten Wonogiri, pada Selasa siang.

Kedatangan rombongan kapolres pun disambut oleh para pengurus salah satu ormas Islam itu. Dan dalam sambutannya, Plt. Ketua DPD LDII Kab. Wonogiri Bp. H. Sutoyo mengatakan bahwa LDII selama ini selalu mengadakan kegiatan-kegiatan yang positif. Karena itu dia berharap agar LDII juga selalu dilibatkan dalam berbagai kegiatan yang menjadi program kepolisian. 

"Mohon arahan dan kerjasama kalau ada kegiatan agar dilibatkan seperti Senkom yang selalu ikut dalam kegiatan dalam hari-hari besar," ujarnya.

Sementara Kapolres Wonogiri mengatakan bahwa pihak Polres Wonogiri senantiasa m ndukung segala kegiatan positif yang dilakukan masyarakat. Termasuk oleh LDII. Karena hal itu adalah bagian dari upaya pihak kepolisian untuk menjalin sinergi dan harmonisasi, demi tegaknya kamtibmas di masyarakat.

"Tentubya segala kegiatan masyarakat yang berhubungan dengan LDII kami akan dukung sepenuhnya. Dan koordinasi yang baik selama ini dalam hal pengamanan baik di tingkat Polsek maupun Polres, tentunya akan kami lanjutkan. Pun demikian dengan jalinan silaturahmi yang telah berjalan dan terpelihara dengan baik. Agar Kamtibmas di Wonogiri  tetap terjaga dengan baik dan kondusif," ungkap Kapolres.

Usai silaturahmi ke LDII, pada malam harinya rombongan kapolres beranjak menuju ke Kecamatan Slogohimo, untuk beramah tamah dengan warga. Bertempat di pendopo Kecamatan Slogohimo, kehadiran rombongan kapolres disambut oleh para oejabat dan tokoh masyarakat di wilayah Kecamatan Slogohimo. Ada jajaran forkompimcam, para kepala desa dan perangkatnya, kepala sekolah serta perwakilan dari berbagai kelompok dan elemen masyarakat. 

Dalam pertemuan itu, dibahas terkait situasi kamtibmas di wilayah Slogohimo. Termasuk tentang potensi bencana alam, terutama karena ancaman cuaca ekstrim. 

Namun daru serangkaian pembahasan yang dilakukan dengan warga, ada satu hal menarik yang terkesan mendominasi dalam materi pembahasan. Yakni terkait pengurusan SIM (Surat Izin Mengemudi).

Kondisi geografis yang terpisah jauh dari pusat kota, seringkali menjadi penyebab banyak warga yang tudak memiliki SIM atau tidak melakukan perpanjangan. Karena itulah, warga berharap agar ada upaya khusus dari pihak Polres Wonogiri untuk memberi kemudahan dalam proses pengurusan.

Hal ini disampaikan oleh beberapa kelompok masyarakat, termasuk perwakilan pelajar. Yang salah satu harapannya diadakan program pengurusan SIM kolektif di wilayah Slogohimo. Agar memudahkan mereka untuk memiliki SIM.

Terkait hal ini, Kapolres Wonogiri menjawab dengan diplomatis. Menurutnya semua akan dikoordinasikan dengan pihak terkait, dengan mempertimbangkan berbagai kendala yang ada.

"Masalah SIM Kolektif akan adanya upaya pelayanan kepada sasaran dan koordinasi dgn Kapolsek dan Kasat Lantas. Tapi tetap mengikuti ujian, serta sebelumnya ada Chocing klinik atau Pra Ujian SIM pada hari Rabu dan Jum'at, yang diberikan secara gratis. Kami dari Satlantas Wonogiri akan jemput bola dalam pelatihan pembuata SIM. Hanya saja kendalanya dari jumlah personil terbatas dan wilayah Wonogiri yang sangat luas," papar Kapolres. //sik 

Iklan Atas Artikel


 

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel