POPULER

Cegah Hoak Seputar Corona. Polres Wonogiri Sosialisasi ke Sekolah dan Tempat Ibadah

Cegah Hoak Seputar Corona. Polres Wonogiri Sosialisasi ke Sekolah dan Tempat Ibadah



Demi meredam gejolak terkait perkembangan wabah corona, Polres Wonogiri gencar melakukan sosialisasi ke masyarakat, terkait pencegahan penularan virus ini


WARTAJOGLO, Wonogiri – Penyebaran virus corona (COVID-19) yang dari hari ke hari semakin meluas, menuntut berbagai pihak untuk selalu waspada. Terutama yang berkaitan langsung dengan aktifitas sosial secara massal. Seperti sekolah ataupun tempat ibadah.

Karena itulah pada hari Sabtu (14/3), Polres Wonogiri melakukan sosialisasi terkait penyebaran COVID-19 ini ke para siswa dan warga sekolah di SMPN 3 Wonogiri. Serta dilanjutkan ke Masjid At Taqwa dan Al Mukmin.

Diawali dengan apel di halaman Mapolres Wonogiri, yang diikuti seluruh anggota. Dalam amanatnya Kapolres Wonogiri AKBP Chrjstian Tobing menekankan bahwa perlunya dilakukan sosialisasi ini, karena untuk meredam berbagai kemungkinan negatif yang akan muncul. Termasuk penyebaran hoak. Yang bisa memunculkan gejolak di masyarakat.

Hal itu pula yang disampaikan Kapolres saat berkunjung ke SMPN 3 Wonogiri. Di hadapn para siswa yang berkumpul di halaman sekolah, Kapolres menjelaskan tentang langkah-langkah mitigasi pencegahan corona. Termasuk himbauan agar tidak mudah percaya dengan hoak yang disebar terkait perkembangan wabah ini.

"Saat mendapatkan informasi. Di cek dahulu dengan mencari sumber informasi yang valid. Untuk mengetahui apakah sebuah berita tentang penyebaran virus corona tersebut benar atau tidak. Intinya jangan panik dan jangan membuat masyarakat panik lewat berita hoax," tegas Kapolres.

Kapolres juga menjelaskan bahwa virus corona bisa dicegah dengan membudayakan hidup sehat dan bersih. Karena itu dia menghimbau agar seluruh masyarakat menerapkan pola hidup seperti itu.

"Pada dasarnya virus corona, dapat kita cegah dengan pola hidup sehat dan bersih. Karena itu biasakan mencuci tangan dengan sabun, hindari banyak mengusap muka dengan tangan, makanan harus selalu dalam keadaan tertutup. Lalu konsumsi makanan yang sehat, rajin olahraga dan istirahat yang cukup," lanjut Kapolres.

Karena itu pula, mantan Kapolres Belu, NTT ini menghimbau kepada para pelajar dan seluruh masyarakat, untuk tidak bepergian ke luar negeri dulu. Terutama ke negara-negara dengan kasus COVID-19 tinggi. Agar tidak sampai tertular virus ini.

"Sebisa mungkin jangan bepergian dahulu ke luar negeri. Dan jika memang diperlukan memakai masker, ya gunakan masker yang memenuhi standar kesehatan," himbaunya.

Usai melakukan sosialisasi di SMPN 3 Wonogiri, Kapolres beserta rombongan langsung bergerak ke Masjid At Taqwa, yang merupakan masjid terbesar di Kabupaten Wonogiri. Di sini kembali Kapolres menghimbau agar masyarakat tidak perlu panik. Dan kepada takmir masjid, Kapolres memberikan bantuan hand sanitizer. Agar bisa dimanfaatkan oleh para jamaah untuk mencegah penyebaran corona.

Sementara di waktu yang bersamaan, kegiatan serupa juga dilakukan oleh Wakapolres Wonogiri Kompol Adi Nugroho. Dalam kegiatan ini Wakapolres mendatangi Masjid Al Mukmin yang berada di dekat Satlantas Polres Wonogiri. Di sini selain memberikan wawasan terkait pencegahan wabah corona, Wakapolres juga membagikan hand sanitizer.

Tak hanya di dua masjid itu, kegiatan ini juga akan berlanjut ke beberapa tempat ibadah lain. Termasuk gereja. Karena sebagai tempat berkumpulnya massa, rumah ibadah berpotensi besar sebagai tempat penyebaran wabah ini. //sik

Iklan Atas Artikel


 

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel