POPULER

Mereguk Khasiat Wedang WT, yang Banyak Diburu untuk Cegah Corona

Mereguk Khasiat Wedang WT, yang Banyak Diburu untuk Cegah Corona



Diramu dari beragam rempah dan tanaman obat langka, wedang WT diyakini berkhasiat untuk mencegah serangan corona


WARTAJOGLO, Solo - Merebaknya wabah COVID-19 atau virus Corona, tak bisa dipungkiri telah menciptakan kekhawatiran luar biasa di tengah masyarakat. Hal ini tak lepas makin banyaknya korban yang berjatuhan akibat serangan virus tersebut, dalam waktu yang relatif cepat. Sehingga dari hari ke hari para ahlipun berusaha mencari formula terbaik, yang bisa digunakan untuk mengatasi virus mematikan itu.

Di kalangan masyarakat awam sendiri, pemanfaatan aneka macam rempah sejauh ini masih menjadi pilihan terbaik, untuk mencegah penularan virus ini. Sebab kandungan zat-zat tertentu dalam beberapa jenis tanaman obat, diyakini mampu melemahkan virus ataupun meningkatkan daya tahan tubuh.

Ya, peningkatan daya tahan tubuh memang dipandang cukup efektif, untuk mencegah serangan virus di dalam tubuh. Dan hal itu bisa didapatkan dari beragam jenis ramuan berbahan rempah-rempah.

Hal itu juga yang dimanfaatkan oleh owner Wedangan Wahyu Tumurun, KPHAd Daryonagoro yang menyediakan menu ramuan khusus di warungnya. Yang ternyata mendapat sambutan positif dari para pelanggannya. Sehingga tiap malam, ramuan yang diberi nama Wedang WT ini, selalu menjadi menu favorit pilihan pengunjung.

Wedang WT sendiri merupakan menu minuman baru yang saat ini jadi favorit selain Wedang JKJ. Sementara Wedang JKJ selama ini menjadi salah satu ikon, di warung yang dibuat dengan konsep cafe, lengkap dengan pertunjukan live music ini. Karenanya warung yang berada di ruas Jalan Gajah Suranto, Kota Solo ini, selalu ramai diserbu pengunjung, untuk merasakan nikmat dan khasiat dari minuman tersebut.

Suasana Wedangan Wahyu Tumurun sesaat sebelum buka

"Secara detail saya tidak paham bagaimana karakteristik dari virus Corona. Tapi dari beragam informasi yang saya baca, virus ini bisa berkembang dengan baik saat daya tahan tubuh lemah. Karenanya kemudian saya terpikir untuk membuat ramuan khusus yang sangat efektif untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Yang saya buat dari beragam jenis rempah dan bahan tanaman obat lainnya," jelas pria yang akrab disapa Kanjeng Cuk ini, saat ditemui Wartajoglo.com di warung wedangannya beberapa waktu lalu.

Setidaknya sebelas jenis rempah dan tanaman obat langka, digunakan untuk mmebuat ramuan ini. Yang tentu membuat minuman ini sangat berkhasiat. Termasuk untuk mencegah penyakit Corona.

"Selain menggunakan empon-empon seperti jahe serta temulawak, kita juga menggunakan beberapa tanaman obat langka, seperti bidara upas, bidara laut dan yang lainnya. Efek dari ramuan ini selain memberi rasa hangat, juga melegakan pernafasan. Sehingga cocok untuk mengatasi penyakit-penyakit yang menyerang sistem pernafasan. Dan mungkin salah satunya Corona. Namun yang pasti, kandungan bahan-bahan dalam ramuan ini bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Karena setelah meminumnya, badan akan terasa segar dan fit lagi," sambungnya.

BACA JUGA:

Sensasi Bir Jawa yang Melegenda


Bahkan setelah menciptakan ramuan itu dan dijadikan salah satu menu di warung wedangannya, kini pria yang juga Sentana Dalem Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat itu, mulai banyak menerima pesanan dari luar. Karenanya dia juga membuatnya dalam kemasan botol plastik, yang bisa tahan sampai dua atau tiga hari.

Tak hanya itu, antusiasme dari masyarakat luar kota juga banyak. Sehingga dia juga beberapa kali mengirim bahan ramuan mentah, untuk memenuhi permintaan para pelanggannya.

Kanjeng Cuk dan istrinya menunjukkan sebagian ramuan Wedang WT

"Bahan ramuan kering itu nanti bisa diracik sendiri dengan merebusnya. Lalu diberi gula batu dan gula aren untuk perasanya. Gula batu di sini berfungsi unthk penguat rasa manisnya. Sedangkan untuk gula aren lebih pada penguatan cita rasa serta khasiat. Sebab gula aren kan diyakini memiliki khasiat obat juga. Sehingga selalu dipakai untuk membuat jamu," tambah Nunung Daryonagoro, istri Kanjeng Cuk.

Lepas dari serangkaian khasiat yang terkandung dalam wedang WT, ada cerita menarik di balik pemberian nama minuman ini. Kanjeng Cuk mengatakan bahwa WT adalah singkatan dari nama warungnya Wahyu Tumurun. Namun lebih dari itu, nama tersebut diberikan dengna harapan agar ramuan ini nantinya benar-benar jadi solusi dari segala kekacauan akibat Corona, seperti sebuah wahyu yang turun ke dunia.

Karena itupula, sebelas jenis rempah-rempah dan tanaman obat langka digunakan. Dengan harapan ada bantuan tangan Tuhan, yang muncul seiring dengan jumlah bahan ramuan yang digunakan. Sebab jumlah sebelas buah bahan ramuan, yang dalam bahasa Jawa disebut sewelas. Merupakan perwujudan doa, untuk mengharap welas asih Tuhan, untuk segera menyelesaikan permasalahan yang ada.

"Semoga saja Tuhan senantiasa memberi kekuatan kepada kita, untuk bisa segera menyelesaikan permasalahan Corona ini. Sehingga kita semua bisa kembali hidup normal dan tenang," pungkas Kanjeng Cuk. //sik

Iklan Atas Artikel


 

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel