POPULER

Saat Wine jadi Lifestyle Baru di Kota Solo

Saat Wine jadi Lifestyle Baru di Kota Solo


Banyaknya tamu yang memesan wine, mendorong Best Western Premier Solo Baru, membuka Chrysocolla Wine Shop


WARTAJOGLO, Sukoharjo - Suara tepuk tangan dan denting toast gelas Oji Fahrurrazi, General Manager Best Western Premier Solo Baru, menandai resmi dibukanya Chrysocolla Wine Shop pada Kamis (12/3) malam. Chrysocolla Wine Shop sendiri disebut-sebut sebagai satu-satunya wine shop di wilayah Solo Raya. Yang mana tempat ini didirikan karena mengingat begitu besarnya animo warga Solo Raya akan minuman wine. Dan sejauh ini belum ada tempat khusus yang menyajikannya.

Bergelas-gelas wine dari berbagai merek, baik lokal maupun import pun disajikan pada malam pembukaan itu. Yang tentunya bisa dinikmati secara gratis oleh para tamu undangan yang hadir. Sehingga tak ayal semua yang hadir tampak larut dalam keceriaan sembari saling toast gelas, untuk menikmati wine yang disajikan.

“Sejauh ini di wilayah Solo Raya belum ada tempat penjualan wine secara khusus. Padahal tingkat permintaan akan minuman ini terbilang tinggi. Karena itulah kamipun berinisiatif untuk menyediakannya di sini,” jelas Oji dalam sambutannya.
Oji Fahrurrazi (kiri) saat meresmikan Chrysocolla Wine Shop

Ya, seiring perkembangan jaman, perubahan lifestyle juga mengiringi kehidupan masyarakat Solo Raya. Termasuk minum wine, yang selama ini banyak dilakukan oleh masyarakat kelas atas.

Wine memang bukan minuman biasa. Sebab minuman yang terbuat dari fermentasi buah anggur ini, memang lebih cenderung jadi bagian sebuah gaya hidup kelompok masyarakat tertentu. Yang lantas diikuti serangkaian tata cara khusus saat menikmatinya.

Meski demikian, wine sendiri sebenarnya sengaja dibuat sebagai minuman penghangat di negaranya Perancis. Bahkan konon minuman ini juga sudah dibuat sejak 3.000 tahun Sebelum Masehi. Dan bangsa Mesir disebut-sebut sebagai pelopor pembuatan minuman ini.

Tradisi minum wine sendiri juga sempat disebut dalam Kitab Perjanjian Lama, dan digunakan sebagai bagian dari ritual keagamaan. Penyebarannya dimulai melalui ekspansi bangsa Romawi dengan membuat perkebunan di Galia. Daerah itu sekarang meliputi Prancis, Belgia, Luxemburg, dan Jerman.
Aneka jenis wine disediakan di Chrysocolla Wine Shop

Prancis dikenal sebagai penghasil anggur terbaik, menyusul Italia, Amerika, Australia, dan Chili. Karena itulah di Chrysocolla Wine Shop ini juga disediakan beragam jenis wine import dari negara-negara tersebut. Sehingga para penikmat wine bisa menikmati citarasa dari tiap-tiap wine yang sudah populer di dunia.

“Selain wine lokal, kami juga menyediakan wine import berkualitas dari Italia, Chili, ataupun Perancis. Jadi para tamu bisa memilih sendiri wine yang mereka inginkan,” sambung Oji.

Mengandung alcohol sekitar 14% minuman wine memang cocok menempati posisi sebagai bagian dari lifestyle. Terlebih sejarah yang menyertainya, seolah semakin menguatkan posisi prestise minuman ini, dibanding dengan minuman beralkohol yang lain.

Tak hanya itu, beberapa ahli juga menyebut bahwa mengonsumsi wine secara teratur dalam batas tertentu, memiliki khasiat yang baik untuk menyebuhkan berbagai penyakit. Di antaranya jantung koroner. Sebab efek alcohol dan bahan-bahan lain di dalam wine, diyakini bisa mengikis kolesterol penyumbat pembuluh darah. Sehingga aliran darah lancar dan jantung bisa berfungsi secara normal.

Ada dua jenis wine yang dikenal masyarakat, yakni red wine dan white wine. Yang masing-masing memiliki citarasa tersendiri dan tentunya penikmat yang berbeda. Karena itulah, konon diperlukan pengetahuan khusus untuk bisa menikmati wine, agar bisa benar-benar merasakan citarasa dan keunikannya.

Namun demikian keunggulan wine biasanya ditentukan oleh buah, cara menanam, kondisi lahan, cara panen, sampai proses fermentasinya. Bahkan, untuk menjaga keaslian dan kualitas wine, pemerintah Prancis menciptakan sistem garansi dan lembaga akreditasi.

Tak heran jika wine pada tahun panen tertentu, dianggap lebih baik dari masa panen yang lain. Dan untuk tahun panen ini biasanya disematkan di belakang merek. Sehingga para penikmat bisa mengetahui dan membedakan antara satu dengan yang lain.

Menurut para ahli, dibutuhkan dua tahun untuk proses fermentasi buah anggur, hingga dikemas ke dalam botol. Yang mana wine berkualitas nomor satu biasanya akan terasa lebih nikmat diminum, jika sudah disimpan setidaknya lima tahun sejak dikemas. Itu pun dengan tempat penyimpanan khusus yang bersuhu 16-18 derajat celcius.

Ditawarkan dengan harga yang bervariasi, dan rasa yang beraneka, Oji menyebut bahwa pihaknya menawarkan harga special di malam pembukaan. Sehingga para penikmat wine bisa merasakan eksotika minuman ini, dengan harga yang sangat terjangkau.//bang

Iklan Atas Artikel


 

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel