POPULER

Bantu PMI Penuhi Stok Darah. Polres Wonogiri Gelar Donor Darah, Jelang HUT Bhayangkara

Bantu PMI Penuhi Stok Darah. Polres Wonogiri Gelar Donor Darah, Jelang HUT Bhayangkara




Ratusan anggota Polres Wonogiri mengikuti kegiatan donor darah. Untuk memenuhi stok darah di PMI, yang semakin menipis karena merebaknya wabah corona


WARTAJOGLO, Wonogiri - Serangkaian kegiatan amal terus dilakukan oleh jajaran Polres Wonogjri, di tengah pandemi Covid-19. Setelah beberapa hari terakhir menyalurkan sumbangan sembako kepada para warga terdampak. Pada Kamis (16/4) pagi, diadakan kegiatan donor darah di halaman Mapolres Wonogiri.

Kegiatan donor darah sendiri digelar untuk menyambut Hari Bhayangkara ke-74. Serta sebagai upaya untuk membantu mengatasi kekurangan stok darah di PMI. Sebab di tengah merebaknya wabah corona, jumlah pendonor di semua cabang PMI mengalami penurunan. Termasuk di Wonogiri.

Karena itulah jajaran Polres Wonogiri berinisiatif untuk ikut berpartisipaai menambah stok darah, dengan menggelar donor darah. Yang tentunya diikuti dengan protokol yang ketat, untuk mencegah terjadinya penularan virus corona. Di mana sebelum dilakukan pengambilan darah, dilakukan pemeriksaan kesehatan. Serta para petugas PMI yang melakukan pengambilan darah mengenakan seragam dengan APD lengkap.

"Donor darah ini diikuti oleh seluruh anggota Polres Wonogiri, termasuk Kapolres, wakapolres, jajaran perwira  dan Kapolsek serta PNS. Dan dari total 142 anggota, yang memenuhi persyaratan hanya 115 orang," jelas Paur Kes Polres Wonogiri Aiptu Lilik Suyono mewakili Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing, di sela kegjatan.

Lilik juga menjelaskan bahwa ada persyaratan khusus yang ditetapkan oleh PMI, sehingga seseorang bisa jadi pendonor. Di antaranya tidak sedang sakit, tidak mengkonsumsi obat serta tekanan darahnya normal.

"Ada 27 orang yang tidak bisa diambil darahnya karena beberapa faktor. Di antaranya 8 orang yang memiliki hipertensi. Lalu 6 orang habis minum obat. Dan 13 lainnya baru beberapa waktu lalu ikut donor darah. Jadi masih belum bisa diambil lagi darahnya," lanjutnya.

Dari kegiatan itu berhasil dikumpulkan beragam golongan darah. Di antaranya 34 kantong darah golongan A, lalu 45 golongan B, kemudian 7 golongan AB dan 29 dari golongan O.

"Semoga dengan kegiatan ini bisa menambah jumlah stok darah di PMI. Sehingga bisa bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan darah di masyarakat, di tengah wabah corona," pungkasnya. //sik

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel