POPULER

Berkreasi Sambil Berdonasi dalam Gerakan Ilustrator Peduli

Berkreasi Sambil Berdonasi dalam Gerakan Ilustrator Peduli


Dengan kreasi ilustrasi, sejumlah alumni UNS menggalang donasi untuk penanganan Covid-19

WARTAJOGLO, Solo - Guna menggalang dana untuk penanganan Covid-19 yang masih merebak di Indonesia, beberapa alumni Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, menggagas sebuah keviafan kreatif. Yang diberi nama Gerakan Ilustrator Peduli.

Gerakan Ilustrator Peduli merupakan gerakan untuk menghimpun donasi melalui karya berupa ilustrasi. Yang diberikan kepada donatur, setelah memberi donasi melalui gerakan ini.

Hasna Jamilah, salah satu lenggagas verakan ini mengaku, bahwa ia tergerak membuat program Ilustrator Peduli karena terinspirasi oleh temannya, sesama penerima Beasiswa Aktivis Nusantara (Baktinusa). Yang mana kedua teman Hasna tersebut, menggagas program yang bernama Solo Lawan Corona dan Nutrisi Garda Terdepan. Karena itu, sebagai generasi muda, Hasna juga ingin turut ambil peran, dalam membantu penanganan Covid-19 saat ini.

Gerakan yang awalnya diinisjasi oleh tiga orang alumni itu, kini terus berkembang. Di mana setidaknya saat ini sudah ada 18 ilustrator yang bergabung di dalamnya.  Dan segmen yang dijadikan target untuk donasi melalui ilustrasi ini adalah masyarakat umum.

BACA JUGA:

Serahkan Bantuan untuk Warga Karantina. Puspo Wardoyo Titip Pesan Ini untuk Pengusaha


"Kebanyakan donatur Ilustrator Peduli adalah mahasiswa. Tapi ada juga yang sedang bekerja. Satu ilustrasi dipatok dengan besaran nominal Rp. 50.000. yang berlaku untuk 2 ilustrasi wajah," jelas Hasna.

Dalam gerakan ini sengaja dipatok besaran uang sebagai donasinya. Sebab para anggota gerakan ini ingin mengedukasi masyarakat, bahwa ilustrasi juga memiliki nilai materi. Dan dari awal muncul pada tanggal 24 Maret lalu, kini sudah ada kurang lebih 80 ilustrasi yang telah digarap.

Hasna mengaku, ia dan teman-teman ilustrator yang lain akan terus membuka donasi sepanjang masa pandemi Covid-19 ini masih berlangsung. Dan dana yang terkumpul saat ini, kurang lebih telah mencapai Rp. 8 juta.

BACA JUGA:

Melukis Bersama di Kanvas Raksasa Tandai Launching SAM


Dana itu selanjutnya disalurkan pada Nutrisi Garda Terdepan. Yang selama ini mendukung kebutuhan tenaga medis. Serta Solo Lawan Corona, guna mendukung gerakan pembagian Alat Pelindung Diri (APD) di Rumah Sakit (RS) yang berada di Surakarta.

Oleh Solo Lawan Corona dana itu juga dimanfaatkan untuk pencetakan poster edukasi, dan pembagian masker, serta disalurkan pada Semarang Lawan Corona. Dari situ Hasna berharap, agar semua pihak dapat melalui masa-masa berat ini bersama-sama.

“Kita lakukan apa yang kita bisa. Kita ikhtiar semaksimal mungkin. Ya, harapannya kita bisa melewati masa-masa berat ini bareng-bareng,” tandasnya.

Program kebaikan ini sendiri masih dibuka hingga masa pandemi berakhir. Bagi Anda yang ingin turut serta menjadi donatur, bisa menghubungi Instagram Ilustrator Peduli di @ilustratorpeduli. Dapat juga dengan menghubungi Hasna melalui WhatsApp (082110772518). //lis

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel