POPULER

Siasati Pandemi, Mahasiswa ISI Gelar Pameran Virtual Desain Rumah Tinggal Sederhana

Siasati Pandemi, Mahasiswa ISI Gelar Pameran Virtual Desain Rumah Tinggal Sederhana

Pameran Virtual Desain Rumah Tinggal

WARTAJOGLO, Solo - Di tengah masa pandemi, semua tetap dituntut untuk kreatif agar tidak terpuruk oleh keadaan. Salah satunya ditunjukkan oleh para mahasiswa Desain Interior Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta. Yang mengadakan Pameran Virtual Desain Rumah Tinggal Minimalis.

Pameran ini sendiri adalah bagian dari penyiasatan situasi pandemi yang juga berdampak pada sektor pendidikan. Di mana proses pembelajaran harus dilakukan secara daring. karena itulah, sebagai wujud implementasi dari ilmu yang didapatkan, digelarlah pameran virtual. Yang juga merupakan bagian dari presentasi karya para mahasiswa angkatan 2019.

"Ini adalah bagian dari mata kuliah Interior Rumah Tinggal, yang selama masa pandemi ini harus dilakukan secara daring melalui platform digital. Mata kuliah ini sendiri dijalankan satu semester. Di mana para mahasiswa dituntut untuk mengeksplorasi kreativitasnya dalam mendesain interior rumah tinggal, guna menciptakan solusi bagi permasalahan desain rumah yang sering kali terjadi," jelas Eko Sri Haryanto, S.Sn, M.Sn, dosen pengampu mata kuliah ini melalui keterangan tertulisnya.

Eko juga menambahkan bahwa kreativitas mahasiswa diasah mulai dari pembuatan konsep desain, layout rumah, pemilihan bahan material, serta pemilihan warna dan sistem finishing pada elemen interior rumah tinggal. Beberapa tema desain yang disuguhkan mahasiswa selain minimalis yakni yaitu Modern, Scandinavian, Tropical, Pop Art, Kontemporer, dan lain sebagainya. 

"Saat dalam kondisi normal, biasanya presentasi para mahasiswa digelar di Galeri Seni. Namun karena pandemi ini, semua harus dilakukan secara virtual. Hal itu tidak masalah. Karena sejauh ini para mahasiswa tetap menunjukkan kreatifitas terbaik mereka dalam berkarya," imbuhnya. 

Dalam pameran itu sebanyak 19 mahasiswa memamerkan hasil karyanya melalui pameran online, yang diadakan mulai 29 - 31 Januari 2021 dengan sistem Live On Instagram @bedah_interior. Materi Pameran Virtual Karya Interior Rumah Tinggal Mahasiswa semester 3 Desain Interior ISI Surakarta ini berupa : Konsep karya, gambar kerja, skema bahan dan warna serta Maket atau 3D Animasi. //Lis

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel