POPULER

Hijaukan Kampus dengan <i>Grapes Goes To Campus</i>

Hijaukan Kampus dengan Grapes Goes To Campus

Grapes Goes To Campus

WARTAJOGLO, Solo - Mengawali tahun 2021, Pejuang Lingkungan (ELING) FSRD ISI Surakarta mengadakan kegiatan giat tanaman produktif dengan tajuk "Grapes Goes To Campus". Di mana kegiatan positif ini merupakan suatu upaya untuk menambah vegetasi hijau di Lingkungan FSRD ISI Surakarta, sekaligus membudidayakan tanaman generatif yang berbuah sepanjang tahun. 

Kegiatan Grapes Goes To Campus ini melibatkan Komunitas Anggur Solo yang dikenal dengan KARSO, dan UKM Pramuka Racana Ganesha-Saraswati ISI Surakarta. Kegiatan ini menaman puluhan bibit anggur lokal dan import yang sebelumnya merupakan hasil budidaya swadaya KARSO. 

ELING FSRD ISI Surakarta sendiri memilih mengadakan kegiatan Grapes Goes To Campus pada bulan Februari. Sebab bulan tersebut masih dalam siklus musim penghujan, sehingga cocok untuk agenda penanaman bibit Anggur.

Penanaman Bibit anggur ini tidak hanya untuk warga ISI Surakarta saja. Namun  juga sebagai sabuk hijau menjaga habitat ekosistem endemik di lingkungan FSRD ISI Surakarta, yaitu kelestarian hutan kampus, dan sebagai sumber pangan bagi hewan liar yang ada di lingkungan FSRD ISI Surakarta. Di mana di kawasan ini masih banyak dihuni beragam hewan liar seperti berbagai reptil, burung dan bahkan karnivora kecil Garangan Jawa (Herpestes javanicus).

Acara penanaman bibit tersebut dirangkai dengan sarasehan. Yang pokok bahasannya terkait dengan pembudidayaan anggur, pembutan pupuk nutrisi buah vegetatif dan generatif, serta pemanfaatan hasil panen menjadi sirup sinbiotik anggur. Yang bisa membantu meningkatkan imun tubuh sekaligus berfungsi sebagai detox.

"Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu, 13 Pebruari 2021 pagi. Di mana selain sebagai upaya untuk melestarikan lingkungan, kegiatan ini juga sebagai sarana untuk memupuk semangat kebersamaan bagi sinergitas antara ELING, UKM Pramuka serta KARSO. Yang selanjutnya menjadi langkah dalam bermitra dengan komunitas di luar kampus nantinya," jelas Ipung Kurniawan koordinator ELING FSRD ISI Surakarta. 

Ipung juga menambahkan bahwa dengan kegiatan Grapes Goes To Campus ini, diharapkan bisa menambah tutupan vegetasi hijau. Yang nantinya akan membantu dalam upaya menurunkan suhu udara di kala musim kemarau. Sebab sedimentasi kawasan kampus ISI Surakarta merupakan lahan berbatu padas. 

"Dengan kegiatan ini maka kawasan ISI akan menjadi lebih hijau. Sehingga saat musim kemarau tidak akan terlalu panas. Selain itu kegiatan ini juga bisa membudidayakan tanaman generatif, yang berbuah sepanjang tahun. Jadi nantinya bisa bermanfaat bagi civitas akademika FSRD ISI Surakarta ketika sedang di kampus. Karena bisa langsung mengkonsumsi anggur dari pohonnya," tutupnya. //Ril

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close