POPULER

Gara-Gara Penumpang Buka Jendela Darurat. Wings Air IW 1248 Batal Terbang

Gara-Gara Penumpang Buka Jendela Darurat. Wings Air IW 1248 Batal Terbang

WARTAJOGLO, Jakarta - Tepat pukul 08.45 wib pesawat Wings Air dengan nomor penerbangan IW 1248 rute Bandara Kualanamu Deli Serdang - Bandara Binaka Gunung Sitoli, sedianya siap melakukan take off. Di mana seluruh persiapan sudah dipastikan selesai, termasuk daftar penumpang sudah sesuai.

Namun tanpa diduga pilot yang siap menerbangkan pesawat, mendapatkan petunjuk bahwa jendela darurat terbuka. Kontan saja para awak pesawat langsung memeriksa, dan ternyata memang benar.

Jendela yang hanya boleh dibuka dalam kondisi darurat itu ternyata diketahui dibuka oleh salah seorang penumpang pria berinisial HS (29 tahun) yang duduk di bangku 3A. Namun belum diketahui, apakah penumpang itu sengaja membukanya atau tidak. Untuk itu awak pesawat segera menghubungi pihak keamanan bandara untuk melakukan penanganan.

Emergency Exit
Ilustrasi pintu darurat pesawat

Pria itupun segera diamankan untuk disleidiki motif dari tindakannya. Sedangkan seluruh penumpang yang berjumlah 44 dewasa dan 1 anak-anak terpaksa harus keluar dan kembali ke ruang tunggu.

"Ketika  proses  persiapan  keberangkatan  selesai  dan  seluruh  penumpang  sudah  berada  di dalam  kabin pesawat, salah satu penumpang laki-laki berinisial HS (29) yang memiliki nomor kursi 3A sesuai lembar masuk pesawat (boarding pass) tiba-tiba membuka jendela darurat (emergency exit window). Atas kondisi tersebut, seluruh penumpang diturunkan    dan diarahkan kembali ke ruang tunggu keberangkatan bandar udara," jelas manajemen Wing Air dalam siaran persnya Minggu (7/3) siang.

Pihak ATR 72-500 registrasi PK-WFO yang dioperasikan oleh Wing Air pun langsung memeriksa kondisi pesawat. Dan ternyata tidak ditemukan masalah teknis yang bisa mengganggu penerbangan.

Akhirnya setelah tertunda selama sekitar 55 menit, seluruh penumpang kembali diberangkatkan dengan pesawat ATR 72-600 registrasi PK-WHM pada pukul 09.40 wib. Dan telah tiba dengan selamat di tempat tujuan pada pukul 10.45 wib. 

"Wings Air mewajibkan kepada seluruh penumpang untuk tidak melakukan tindakan yang dapat mengganggu keamanan dan kenyamanan saat di darat serta sedang mengudara.   Tindakan yang dilakukan oleh penumpang indisipliner atau unruly/ disruptive  passenger akan  mendapatkan sanksi tegas  dan  memiliki konsekuensi hukum," lanjut pihak manajemen. 

Pihak manajemen Wings Air juga menambahkan bahwa pihaknya berupaya dan berkomitmen    untuk memberikan pelayanan terbaik dengan senantiasa mengutamakan aspek    keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan. Serta dijalankan sebagaimana pedoman protokol kesehatan. Wings Air akan meminimalisir dampak yang timbul, agar penerbangan Wings Air lainnya tidak terganggu. //Lis

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel