POPULER

Jadi SDGs Mover, Begini Pesan Chelsea Islan di Hari Perempuan Internasional

Jadi SDGs Mover, Begini Pesan Chelsea Islan di Hari Perempuan Internasional

WARTAJOGLO, Jakarta - Serangkaian prestasi yang pernah ditorehkan oleh aktris Chelsea Islan membuatnya didapuk sebagai SDGs (Sustainable Development Goals) Mover oleh UNDP Indonesia pada 2018. SGDs Mover atau penggerak isu Agenda Pembangunan Berkelanjutan memang diberikan untuk sosok-sosok yang dipandang memiliki pengaruh cukup besar di masyarakat, dengan serangkaian kiprah dan aktifitasnya. 

Chelsea Islan yang memiliki nama lengkap Chelsea Elizabeth Islan ini dianggap menorehkan prestasi gemilang di dunia seni. Selain itu, dia juga memiliki kepedulian dan advokasi di bidang pembangunan, terutama untuk isu kesetaraan gender, perubahan iklim, serta pengentasan kemiskinan.

Chelsea juga merupakan founder Youth of Indonesia (YOI). Organisasi komunitas ini melihat pemuda sebagai agen perubahan, karena itu ingin mendidik dan memberdayakan pemuda Indonesia melalui kesatuan dalam keberagaman.

Dan bertepatan dengan peringatan Hari Perempuan Internasional pada 8 Maret 2021 ini, Chelsea menyerukan perlu lebih banyak tokoh perempuan inspiratif untuk membantu perempuan dan anak perempuan Indonesia mencapai mimpinya.

Chelsea Islan
Chelsea Islan (foto: instagram)

“Kita membutuhkan lebih banyak tokoh perempuan dalam posisi pengambilan keputusan terutama mengenai isu-isu penting saat ini, seperti isu perubahan iklim, pemulihan kesehatan dan perekonomian di era pandemi, dan isu kesetaraan,” ujar Chelsea dalam pesan video nya yang direkam khusus untuk memperingati Hari Perempuan Internasional.

Ditambahkan pula bahwa bagi anak muda, sosok inspiratif yang mampu menjadi teladan sangat penting, terutama memberikan arah bagi masa depan yang lebih baik. Sehingga, dengan menyaksikan perempuan perempuan tangguh dalam kepemimpinan mereka, anak muda di Indonesia, terutama anak perempuan, akan mampu bermimpi dan meraih cita cita mereka.

Selain itu artis pemeran film ‘3 Srikandi’ dan ‘A Copy of My Mind’  juga bergabung dalam kampanye media sosial yang dimotori Badan PBB di Indonesia (UN) untuk menghilangkan praktek ‘all males panel’ atau panel diskusi publik tanpa perempuan.

“Sangatlah penting untuk memiliki lebih banyak representatif perempuan dalam proses pengambilan keputusan, supaya bisa menginspirasi kaum perempuan dan perempuan muda lainnya untuk beraksi dan berprestasi,” ungkap Chelsea.

Seruan Chelsea merupakan bagian dari komitmen kuat UNDP Indonesia dalam mengedepankan kesetaraan isu gender di Indonesia. Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Kepala Perwakilan UNDP Indonesia Norimasa Shimomura dalam siaran persnya. 

“UNDP berkomitmen kuat untuk melaksanakan kesetaraan gender dan mendukung kepemimpinan perempuan dalam pembangunan, termasuk dalam proses pengambilan keputusan,” jelas Norimasa Shimomura. //Bang

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close