POPULER

<i>Over Capacity</i>, Penghuni Rutan Boyolali Dipindahkan ke Tempat Baru.

Over Capacity, Penghuni Rutan Boyolali Dipindahkan ke Tempat Baru.

WARTAJOGLO, Boyolali - Sebanyak 156 warga binaan Rumah Tahanan (Rutan) kelas II B Boyolali, dipindahkan ke tempat baru di Dukuh Masahan, Kelurahan/Kecamatan Mojosongo, Kabupaten Boyolali,pada Rabu (24/3). Pengawalan ketat pun dilakukan saat proses pemindahan ini. Di mana para warga binaan diangkut dengan mobil tahanan berupa tiga bus dan dua mobil minibus khusus untuk angkut tahanan.

Begitu tiba di lokasi tujuan, kendaraan pengangkut warga binaan langsung masuk kawasan Rutan. Petugas langsung mendata dengan teliti tiap warga binaan itu, untuk selanjutnya dimasukkan ke ruang tahanan.

Pemindahan tahanan dari Rutan Boyolali
Proses pemindahan tahanan ke Rutan Boyolali yang baru

Kepala Rutan Boyolali, Agus Imam Taufik menjelaskan, pemindahan dilakukan karena lokasi Rutan lama di Jalan Merbabu No 15, Boyolali Kota, dinilai sudah tidak representatif. Di mana luas tanah hanya 900 meter persegi dengan kapasitas sebenarnya 36 orang tahanan atau warga binaan. Namun, ruang tahanan diisi hingga 156 orang. Sehingga Rutan Boyolali sudah over kapasitas.

Sedangkan Rutan baru memiliki luas hingga 14.800 meter persegi. Di mana saat ini baru berdiri satu bangunan khusus untuk ruang tahanan berkapasitas 156 orang. Sehingga lebih ideal untuk dijadikan sebagai tempat pembinaan para tahanan.

“Di lokasi baru, program pembinaan terhadap warga binaan bakal lebih maksimal,” katanya.

Seluruh tanah dan bangunan merupakan hibah dari Pemkab Boyolali. Dan nantinya, pembangunan gedung atau fasilitas tambahan menjadi kewenangan Kemenkumham. Sedangkan lokasi Rutan lama akan dihibahkan ke Pemkab Boyolali. 

“Setelah semua proses administrasi selesai, lokasi Rutan lama akan dihibahkan ke Pemkab Boyolali," lanjut Agus. 

Terkait dengan protokol kesehatan untuk mengantisipasi Covid-19, dia mengaku sudah dilaksanakan bagi seluruh warga binaan. Yang mana semua warga binaan sudah menjalani tes rapid antigen. Sedangkan seluruh petugas Rutan sudah divaksin dua kali. //Mul

Iklan Atas Artikel


 

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel