POPULER

Siap Membangun Bangsa, UNIBA Surakarta Luluskan Ratusan Sarjana Baru di Masa Pandemi

Siap Membangun Bangsa, UNIBA Surakarta Luluskan Ratusan Sarjana Baru di Masa Pandemi

WARTAJOGLO, Solo - Hari sabtu (27/3) pagi, akan jadi hari istimewa yang tak akan terlupakan oleh sekitar 331 mahasiswa Universitas  Islam  Batik  (UNIBA) Surakarta. Pasalnya pagi itu mereka menjalani salah satu fase dalam kehidupan mereka. Yang bukan tidak mungkin akan mengubah jalan nasib ke depan. Yakni wisuda sebagai seorang sarjana.

Ya, setelah menjalani gemblengan selama beberapa tahun, para mahasiswa ini memang telah sampai di batas akhir masa pendidikan mereka. Dan sudah saatnya menggenggam gelar yang selama ini selalu jadi salah satu impiannya. 

Prosesi wisuda sendiri digelar di Gedung Graha Sabha Buana, Sumber, Kota Surakarta. Dan karena masih dalam masa pandemi, protokol kesehatan ketatpun diterapkan pada acara ini. 

Prosesi wisuda UNIBA Surakarta
Prosesi wisuda UNIBA Surakarta

"Selain mewajibkan cuci tangan dan pemeriksaan suhu tubuh sebelum masuk. Para wisudawan juga diwajibkan mengenakan face shield. Lalu tempat duduk mereka juga kita buat berjarak. Hal ini sebagai bagian dari penerapan protokol kesehatan," jelas Purnama Siddi, SE, M.Si, Ketua panitia pelaksanaan wisuda tahun 2021.

Selain dihadiri oleh para wisudawan dan wisudawati, acara ini juga dihadiri oleh beberapa pejabat. Serta tentunya para pengurus  pengurus Yayasan Perguruan Tinggi Islam Batik Surakarta (YAPERTIB), yang selama ini membawahi keberadaan UNIBA. 

Namun sayangnya pada gelaran wisuda kali ini Rektor UNIBA Dr. H. Amir Junaidi, SH, MH berhalangan hadir karena sakit. Sehingga pesan sambutan kepada para peserta wisuda dan tamu undangan dibacakan oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik, Dr. Ariy Khaerudin, SH, MH.

Dalam pesannya disampaikan agar para wisudawan dan wisudawati selalu menjaga nama almamater, serta selalu menjunjung tinggi kebenaran. Tentunya yang juga tak terlewatkan adalah harapan agar semua ilmu yang didapat oleh para wisudawan dan wisudawati, bisa membawa manfaat dalam kehidupan mereka. 

Purnama Siddi
Purnama Siddi, SE, M.Si, Ketua panitia wisuda UNIBA Surakarta tahun 2021

Sementara dalam keterangannya kepada awak media, Purnama Siddi juga menjelaskan bahwa pelaksanaan wisuda kali ini dilakukan secara serentak. Di mana dari 331 peserta wisuda, ada tiga wisudawan yang terpaksa menjalani secara online via aplikasi Zoom. 

"Dari 331 peserta ini semua mengikuti secara serentak. Namun ada 3 yang mengikuti secara online, karena kebetulan terbentur jarak serta ada yang sakit. Untuk yang online, prosesi pemindahan kucir dilakukan oleh orang tua atau istri mereka, sembari mengikuti melalui aplikasi Zoom," ungkapnya. 

Adapun rincian peserta wisuda kali ini menurut Purnama terbagi menjadi 217 orang dari program sarjana dan 14 orang dari program magister. Untuk yang program sarjana rinciannya 122 orang dari Program Studi  Manajemen. Lalu 78 dari Program Studi Akuntansi, serta 96 orang dari Program Studi Ilmu Hukum.   

Sementara dari Program studi Agriteknologi meluluskan sebanyak 16 wisudawan, Program studi  Agribisnis  meluluskan  sebanyak  2  wisudawan,  dan Program  Studi  Teknik  Industri  sebanyak  3 wisudawan. Sedangkan untuk program magister sebanyak 14 lulusan. //Bang

Iklan Atas Artikel


 

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel