POPULER

Mengintip Uniknya Aktifitas TPQ Khusus Lansia di Lereng Merapi

Mengintip Uniknya Aktifitas TPQ Khusus Lansia di Lereng Merapi

WARTAJOGLO, Boyolali - Kalau umumnya Taman Pendidikan Al Qur'an (TPQ) diperuntukan bagi anak-anak, namun tidak demikian dengan TPQ yang ada di Dukuh / Desa Karangkendal, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Sebab TPQ di desa yang berada di lereng Gunung Merapi ini justru diperuntukan bagi warga lanjut usia (lansia). 

Kegiatan mengaji di TPQ bernama Fatkhul Huda ini diadakan setiap pekan sekali. Dan meski sudah tidak muda lagi, namun warga tetap antusias untuk mengikuti seluruh kegiatan.

TPQ Lansia
Kades Karangkendal meninjau suasana di TPQ Lansia
Amir Susilo, ustadz pengajar TPQ Fatkhul Huda mengaku bahwa mengajar lansia lebih memerlukan kesabaran dibandingkan dengan mengajar anak-anak. Sebab perlu dilakukan berulang-ulang.

Meski banyak siswa lansia, namun TPQ ini juga tetap memiliki siswa anak-anak dari usia Paud, TK, SD hingga SMP dengan jumlah 50 orang. Dan kegiatan di TPQ ini sudah berjalan hampir dua tahun.

"Tentunya banyak perbedaannya. Untuk manula harus lebih sabar dan harus sering diulang-ulang, dan makhrojul hurufnya harus lebih jelas," ujar Amir, saat ditemui pada Minggu (18/4) pagi.

Salah seorang warga lansia yang mengikuti, Enggarwati Rahayuningsih mengaku sangat senang dengan kegiatan ini. Dan sejauh ini dia bisa mengikuti seluruh materi yang diajarkan.

"Alhamdulillah sangat senang, tidak ada kesulitan. Cuma dikarenakan ibu-ibu di sini lansia, ya sedikit ada grogi," ungkap Enggarwati.


Sementara, Kepala Desa Karangkendal, Slamet Sumarno, TPQ lansia Fatkhul Huda diikuti 40 lansia. Kegiatan dilaksanakan setiap Sabtu pagi di masjid selama 90 menit. Dan untuk itu Pemerintah Desa Karangkendal memberikan dukungan berupa fasilitasi dan dorongan masyarakat dalam mempelajari Al Qur'an.

"Warga sangat antusias, setelah adanya pembelajaran baca dan menulis Al Qur'an ini, dengan harapan bisa mengetahui arti dan makna Al Qur'an tersebut," ungkapnya saat ditemui di TPQ Fatkhul Huda.//Mul

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel