POPULER

Peduli Pencegahan Stunting, The Sunan Hotel Solo Gelar Talkshow 'Kolaborasi Bersama Cegah Stunting Sejak Dini'

Peduli Pencegahan Stunting, The Sunan Hotel Solo Gelar Talkshow 'Kolaborasi Bersama Cegah Stunting Sejak Dini'

WARTAJOGLO, Solo - Stunting menjadi salah satu masalah kesehatan yang saat ini masih banyak ditemui di masyarakat. Karena itulah beragam upaya terus dilakukan oleh pemerintah untuk melakukan edukasi kepada masyarakat, agar bisa mencegah terjadinya stunting pada anak-anak mereka.

Stunting sendiri adalah gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis terutama dalam 1000 hari pertama kehidupan. Pencegahan stunting di antaranya dengan perbanyak makanan bergizi sejak dalam kandungan. Lalu kecukupan gizi remaja perempuan agar ketika dia mengandung tidak kekurangan gizi dan kebersihan lingkungan untuk menciptakan sanitasi dan air bersih.

Talkshow kesehatan Sunan Hotel
Talkshow kesehatan tentang stunting digelar The Sunan Hotel Solo

Mengingat pentingnya permasalahan ini, The Sunan Hotel Solo  bekerjasama dengan RS JIH ( Jogjakarta International Hospital ) Solo menggelar acara CSR untuk bidang kesehatan. Yakni  menggelar talkshow kesehatan "Health Talk" bertajuk 'Kolaborasi Bersama Cegah Stunting Sejak Dini'.

Acara yang digelar pada Rabu 9 Juni 2021 mulai pukul 15.00 wib di Syailendra Ballroom The Sunan Hotel Solo itu juga diisi dengan fasilitas cek kesehatan beserta konsultasi dokter secara cuma-cuma bagi peserta yang hadir.

Dalam acara tersebut dihadirkan Kepala Dinas Kesehatan Kota Surakarta dr. Siti Wahyuningsih, M.Kes, M.H dan dr. Lucy Endang Savitri, Sp.A dokter spesialis anak RS JIH Solo, sebagai pembicara. 

Dalam paparannya Siti Wahyuningsih menjelaskan bahwa saat ini Pemerintah Kota surakarta masih terus memberikan perhatian lebih pada kasus stunting. Sebab meski secara prosentase angkanya kecil, namun jumlah keseluruhan di lapangan masih cukup tinggi. 

"Saat ini yang terpenting bagi kami adalah upaya pencegahan. Karena itulah beragam program baik itu edukasi masupun pemberian suplemen untuk ibu hamil terus kita lakukan. Karena kita tidak ingin generasi-generasi penerus kita mengalami stunting," ujarnya saat ditemui usai acara.

Wahyuningsih juga menjelaskan betapa bahayanya masalah stunting ini, terutama dalam kemajuan bangsa. Sebab dengan kondisi mengalami stunting, maka seorang anak akan mengalami pengurangan kecerdasan. 

"Dampak dari stunting ini selain kondisi fisik jadi tidak maksimal, juga bisa berdampak pada tingkat kecerdasan dari anak itu sendiri. Bagaimana negeri ini bisa maju kalau nantinya banyak anak yang tidak memiliki kecerdasan cukup, karena stunting," sambungnya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh General Manager The Sunan Hotel Solo Retno Wulandari yang memandang bahwa keberlangsungan bangsa dan negara ke depan bergantung pada generasi penerus yang tidak hanya sehat fisik dan rohani, juga berahlak serta cerdas. 

"Fenomena stunting merupakan penghambat atas tujuan utama tersebut. Perusahaan bisa berperan untuk bersama-sama dengan pemerintah bergandeng tangan mencegah stunting sejak dini," tuturnya. //Bang

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel