POPULER

Beli Lukisan Karya Iwan Fals Rp. 500 Juta, Begini Alasan Sandiaga Uno

Beli Lukisan Karya Iwan Fals Rp. 500 Juta, Begini Alasan Sandiaga Uno

WARTAJOGLO, Jakarta - Bertepatan dengan perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 pada hari Selasa, 17 Agustus 2021 kemarin lewat program spesial SCTV, HUT RI “76thn Yuk Indonesia Bisa” pemenang Lelang Barang 31 Artis Xtraordinary milik Iwan Fals pun diumumkan. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno –  berhasil memberikan penawaran tertinggi untuk lukisan milik Iwan Fals yakni senilai Rp 500 Juta.

Proses lelang lukisan Iwan Fals ini merupakan bagian dari rangkaian perayaan HUT SCTV 31 Xtraordinary, yang salah satunya berupa aksi sosial “Lelang Barang 31 Artis Xtraordinary”. Aksi lelang inipun diikuti oleh banyak artis dan pesohor tanah air, yang melelang barang koleksi pribadinya dan hasil penjualannya disumbangkan untuk penanganan Covid-19.

Iwan Fals bersama lukisannya
Iwan Fals saat diwawancarai SCTV dengan latar belakang lukisannya (foto: dok SCTV)

Sementara Iwan Fals sendiri mendonasikan sebuah lukisan abstrak, yang dibuatnya sendiri. Kebetulan selain piawai dalam menyanyi dan mencipta lagu, Iwan Fals juga memiliki bakat melukis. Apalagi dia juga pernah mengenyam pendidikan seni rupa di masa mudanya. Hanya saja perjalanan nasib lebih menuntunnya untuk jadi seorang musisi.

“Ini merupakan rekaman perasaan saya mulai dari sedih dan gembira yang saya tuangkan. Saya percaya kepada Allah yang akan memberikan petunjuk dan saya percaya setiap warna juga punya cerita. Saya tidak bisa melakukan banyak hal untuk membantu penanggulangan COVID-19, jadi lewat rekaman perasaan saya inilah saya coba membantu,” ujar musikus Iwan Fals saat diwawancarai SCTV di kediamannya beberapa hari lalu. 

Sebagai pemenang lelang, Sandiaga Uno menyebut bahwa apa yang dilakukannya adalah bagian dari upaya pemerintah dalam mendukung perkembangan ekonomi kreatif. Selain itu tentunya juga untuk ikut berpartisipasi dalam upaya penanganan penyebaran Covid-19.

“Saya ingin menjadi bagian proses lelang supaya dapat memberikan semangat dan motivasi untuk terus berkarya. Iwan Fals sangat multitalenta, tidak hanya menciptakan lagu-lagu yang melegenda tapi juga mampu menciptakan lukisan yang indah dan sangat membanggakan. Jangan dilihat berapa nominalnya, tapi ini merupakan bentuk dukungan pemerintah atas sebuah karya ekonomi kreatif. Semoga hasil penjualan ini juga dapat membantu masyarakat yang membutuhkan,” ungkap Sandiaga Uno yang berencana akan memajang lukisan karya Iwan Fals tersebut di Kantor Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, supaya lebih banyak orang yang dapat menikmati karya Sang Living Legend.

Seluruh hasil penjualan lukisan milik Iwan Fals dan sejumlah artis yang terlibat dalam Lelang Barang 31 Artis Xtraordinary akan disalurkan langsung kepada Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih (YPP) untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19. Beberapa artis dan musisi lainnya yang juga terlibat di Lelang Barang 31 Artis Xtraordinary diantaranya Rey Bong, Sandrinna Michelle, Giorgino Abraham, Yasmin Napper, Aqeela Calista, Rassya Hidayah, Kiesha Alvaro, Saskia Chadwick, Cinta Brian, Zoe Jackson, Antonio Blanco Jr, Hanna Saraswati, Dude Harlino, Alyssa Soebandono, Un1ty, Yuki Kato, Nassar, Judika, Rossa, Andre Taulany, dan Raffi Ahmad. 

Lelang Barang 31 Artis Xtraordinary masih terus berlangsung dan pemirsa di seluruh penjuru tanah air dapat ikut serta mengikuti Lelang Barang 31 Artis Xtraordinary dengan terus memperbaharui perkembangan informasi Lelang Barang 31 Artis Xtraordinary melalui akun resmi instagram @SCTV. Selain berkesempatan langsung untuk memiliki barang kesayangan milik artis idolanya, pemirsa SCTV juga secara langsung dapat meringankan beban saudara-saudara kita yang terdampak pandemi COVID-19. //Ril

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close