POPULER

Warga Difabel Wonogiri Dapat Jatah Vaksin

Warga Difabel Wonogiri Dapat Jatah Vaksin

WARTAJOGLO, Wonogiri - Setelah diumumkan secara resmi oleh Kapolda Jateng Irjen Pol Drs. Ahmad Lutfhi, pada Rabu 4 Agustus 2021, giat Vaksinasi Merdeka Candi pun langsung dilaksanakan serentak di seluruh Polres jajaran Polda Jateng. Untuk Polres Wonogiri pelaksanaan vaksinasi dilakukan di dua lokasi. Lokasi pertama di Pracimantoro dengan sasaran lansia, sedangkan lokasi kedua di halaman Mapolres Wonogiri, yang diperuntukkan khusus difabel.

Kegiatan Vaksinasi Merdeka Candi sendiri digelar dalam rangka menyambut HUT RI ke 76. Untuk pelaksanaannya mulai tanggal 5 hingga 17 Agustus 2021. 

Vaksinasi untuk warga difabel
Kapolres Wonogiri (kanan) membantu seorang warga difabel yang akan menjalani vaksinasi

Untuk pelaksanaan vaksinasi di Mapolres Wonogiri, tampak Kapolres Wonogiri AKBP Dydit Dwi Susanto, ikut menyaksikan proses pelaksanaan vaksinasi. Bahkan tak jarang Kapolres ikut membantu mengarahkan warga difabel yang hendak menerima vaksin.

"Pelaksanaan vaksinasi dibagi di dua tempat. Untuk yang di Mapolres (Wonogiri) pesertanya adalah warga difabel. Tapi tentunya yang ber KTP Wonogiri. Dan ini adalah vaksin pertama,"ungkap Kapolres 

Dijelaskan pula bahwa saat ini disediakan 1500 dosis untuk lansia dan serta 500 dosis khusus komunitas difabel. Tujuannya untuk melakukan percepatan atau akselerasi terciptanya Herd Immunity. Sehingga virus covid-19 bisa segera terkendali.

"Dalam pelaksanaan vaksinasi ini dikerahkan vaksinator Polres Wonogiri sebanyak 15 orang, lalu vaksinator Puskesmas Wonogiri sebanyak 15 orang dan Dinkes 10 petugas, beserta Puskesmas Pracimantoro 30 Petugas. Selain itu, acara ini juga memberikan perhatian khusus dengan memberikan akses  yang ramah untuk para lansia dan kaum difabel pada lokasi vaksinasi," lanjut Dydit.

Untuk menyiasati kesulitan dalam komunikasi, Polres Wonogiri juga menghadirkan seorang Penerjemah Bahasa isyarat khusus melayani pasien difabel tuli dan tuna wicara. Penerjemah ini bernama  Eka Sari Utami, asal Ngadirojo Wonogiri, dan baru lulus kuliah di Jogjakarta.

"Dengan vaksinasi ini saya berharap dapat terus ikut mendorong gerakan vaksinasi yang dicanangkan oleh Kapolda Jateng. Di mana kita terlibat langsung dalam penyelenggaraan vaksinasi massal untuk masyarakat. Dan target vaksin khusus Polres Wonogiri adalah 2000 vaksin. Dengan begitu inklusivitas pemberian vaksin semakin dapat diwujudkan," pungkas Kapolres. //Hum

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel