POPULER

Dari Menteri Sampai Punya Sekolah Sendiri, Begini Cita-Cita Para <i>News Anchor</i> Program Berita Indosiar

Dari Menteri Sampai Punya Sekolah Sendiri, Begini Cita-Cita Para News Anchor Program Berita Indosiar

WARTAJOGLO, Jakarta - Di balik penampilannya yang keren dan elegan, beragam tantangan kerap dihadapi oleh seorang news anchor dalam menjalankan pekerjaannya. Dan di sinilah dia diuji untuk bisa menyajikan berita-berita yang menarik. Sebab performa dari seorang news anchor inilah yang akan membuat penonton suka dengan program acara berita yang dibawakannya.

Hal ini disampaikan oleh 3 orang news anchor program berita di Indosiar, yakni Jemmy Darusman, Sheila Purnama, dan Pratiwi Kusuma dalam acara Semangat Senin Indosiar, Senin (22/11) sore. Ketiganya membawakan program berita Fokus yang tayang pada pagi dan sore hari, serta program berita kriminal Patroli.

News Anchor Berita Indosiar
Jemmy, Pratiwi dan Sheila saat hadir di Semangat Senin Indosiar

"Saat membacakan berita ataupun menyampaikan sebuah berita secara live,yang utama adalah menjaga performa. Jadi kita tetap harus fokus dengan apa yang kita sampaikan. Tujuannya tentu agar para pemirsa benar-benar bisa menerima pesan dari berita tersebut," jelas Sheila yang pernah dipeluk suporter bola yang sedang melakukan selebrasi, saat sedang melakukan siaran langsung.

Sementara Jemmy mengaku nyaris terkena lemparan bambu saat melakukan liputan demo yang rusuh di Jakarta. Dia pun mengaku beruntung karena masih bisa menghindar, saat lemparan bambu itu nyaris menerjang wajahnya.

"Awalnya demo itu damai. Tapi begitu saya mendekat, tiba-tiba rusuh. Sehingga lemparan batu dan berbagai benda lain langsung terlihat beterbangan. Dan saat saya akan mencoba mendekat, tiba-tiba sebatang bambu melesat ke muka saya. Saat itu kagetnya bukan main. Tapi untuk menutupi kekagetan itu saya langsung berimprovisasi dengan seolah-olahn membahas benda yang baru saja hampir menerjang wajah saya," akunya.

Meski banyak tantangan berat yang harus dihadapi, namun para news anchor ini begitu mencintai pekerjaannya. Karena itu mereka akan selalu fokus dan bersikap profesional. Seperti yang dialami oleh Pratiwi Kusuma saat melakukan liputan bencana kabut asap di Kalimantan beberapa tahun lalu.

"Saat itu saya tidak menyangka kalau kabutnya bisa sepekat itu. Sampai saya mengalami mimisan karena tidak kuat menahan pekatnya kabut asap itu. Untunglah saya bisa segera beradaptasi, sehingga bisa tetap melaporkan kejadian di Kalimantan itu dengan detail,"ujarnya.

Menjadi news anchor juga membuat Jemmy, Pratiwi dan Sheila menjadi terkenal. Karena itulah, sempat terbersit di benak Pratiwi sebuah keinginan untuk menjadi seorang menteri. Karena dari sekian lama bergelut di pemberitaan politik, dia menemukan banyak sekali hal-hal yang membuatnya jengkel.

"Dari kejadian-kejadian yang saya jalani, saya berpikir bahwa berbagai penyimpangan itu bisa diatasi oleh mereka yang memiliki kewenangan menentukan kebijakan. Karena itulah, seandainya saya jadi menteri, pasti akan saya keluarkan kebijakan-kebijakan yang bisa membuat semuanya lebih teratur, serta menyingkirkan orang-orang yang selama ini hanya bikin masalah," jelasnya.

Hal yang hampir sama juga disampaikan Sheila yang mengaku ingin menjadi sosok yang punya kewenangan untuk mengeluarkan kebijakan, terutama yang menyangkut dunia jurnalistik. Sebab baginya saat ini perhatian serius kepada para jurnalis, termasuk dalam perlindungan serta kesejahteraannya masih kurang.

"Kalau misal saya jadi pemangku kebijakan terutama yang berkaitan dengan dunia wartawan, saya akan keluarkan kebijakan yang menyangkut kesejahteraan wartawan. Saya ingin profesi sebagai jurnalis menjadi profesi yang membanggakan," ungkapnya.

Sementara bagi Jemmy yang memiliki background seorang arsitektur. Dia ingin suatu saat bisa mengembangkan ilmunya serta memiliki sekolah sendiri. Dan dengan kondisi saat ini yang banyak dikenal orang, tentunya hal itu akan memberikan keuntungan tersendiri baginya untuk menggapai obsesi itu. //Bang

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel