POPULER

UNS Surakarta Jalin Kerja Sama dengan Technical University of Crete (TUC) Yunani

UNS Surakarta Jalin Kerja Sama dengan Technical University of Crete (TUC) Yunani

WARTAJOGLO, Solo – Demi memperluas jaringan dengan perguruan tinggi luar negeri, maka.Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Surakarta, menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Technical University of Crete (TUC) Yunani.Penandatanganan MoU terlaksana secara daring pada Senin (22/11) tersebut dilakukan Rektor UNS Prof. Jamal Wiwoho, SH, Mhum dengan Rektor TUC Prof. Evan Diamadopoulos.

Dalam sambutannya Prof. Jamal Wiwoho mengungkapkan, rasa senangnya memiliki kemitraan dengan TUC. UNS menyadari sepenuhnya, di era globalisasi ini perlu membangun kerja sama dengan institusi pendidikan tinggi di luar negeri. Adapun poin kerja sama yang dikembangkan adalah student and faculty exchange, serta perluasan riset dan inovasi.

Suasana daring jalinan kerja sama UNS dengan Technical University of Crete (TUC) Yunani

Hal ini tentu bisa berdampak positif dalam peningkatan kualitas pendidikan mahasiswa UNS, mencapai standar internasional. Selain itu, kerja sama dalam perluasan riset dan inovasi diproyeksikan mampu meningkatkan hasil penelitian.

“Oleh karena itu, kami sangat menghargai kesediaan Anda untuk menjalin kerja sama yang saling menguntungkan dengan universitas kami,” tutur Prof. Jamal.

Prof. Diamadopoulos turut mengapresiasi jalinan kerja sama yang terbangun antara kedua universitas ini. Sebab terjalinnya kemitraan ini juga memberikan dorongan positif bagi TUC. 

“TUC saat ini sedang berproses untuk menjadi salah satu universitas top di Yunani. Jadi, bagi kami sangat penting untuk melanjutkan jenis perjanjian kerja sama dengan universitas lain. Sebab, antara lain kami memperkaya semua kehidupan budaya,” paparnya

Turut hadir secara daring, Kuasa Usaha Ad Interim (KUAI) Republik Indonesia (RI), Ahmad Ramadhan dengan didampingi Kepala Kanselerai dan PF Pensosbud Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Athena.

Selain menyampaikan apresiasi atas komitmen kuat kedua pihak, meskipun terkendala situasi pandemi Covid-19, KUAI RI Athena berharap jalinan kerja sama dapat semakin meningkatkan people to people contacts RI-Yunani.

“Perlu diketahui, perjanjian ini, menurut catatan kedutaan, menjadi penandatanganan perjanjian universitas keempat antara Indonesia dan Yunani,” terang Ahmad Ramadhan.

Ahmad Ramadhan beserta jajaran KBRI, Athena juga menyampaikan dukungannya dalam perencanaan dan implementasi dari kesepakatan yang telah ditetapkan. Ia berharap, kesepakatan ini berbuah baik untuk peningkatan hubungan bilateral antara Indonesia dan Yunani. //Lis

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel