POPULER

Usai Direnovasi, Puluhan Rumah RTLH di Solo Diserahkan Kembali ke Pemiliknya

Usai Direnovasi, Puluhan Rumah RTLH di Solo Diserahkan Kembali ke Pemiliknya

WARTAJOGLO, Solo - Proses renovasi rumah tidak layak huni (RTLH) milik sejumlah warga Kota Surakarta telah selesai dilakukan oleh jajaran TNI AD. Kini rumah-rumah tersebut sudah mengalami perubahan total, hingga menjadi sangat layak huni. Karena itulah pemerintah menyerahkan kembali rumah-rumah warga ke pemiliknya pada Kamis (23/12) siang. 

Proses penyerahan secara simbolis dilakukan oleh Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka bersama Danrem 074/Warastratama Kolonel Inf Rudi Saladin dan Dandim 0735/Surakarta Letkol Inf Devy Kristiono, di Aula Dharmawangsa Komplek Kodim 0735/Surakarta. 

Program renovasi RTLH sendiri tak hanya menyasar untuk perbaikan rumah, namun juga perbaikan MCK umum di wilayah Kota Solo. Karena di tengah warga banyak ditemui konsisi MCK umum yang kondisinya cukup memprihatinkan.  

Danrem Warstratama
Danrem 074/Warastratama melakukan penyerahan secara simbolik RTLH yang telah direnovasi

Saat ditemui Awak Media usai pelaksanaan kegiatan, Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menegaskan dirinya mengucapkan banyak terimakasih kepada TNI khususnya Korem 074/Warastratama dan Kodim 0735/Surakarta atas pelaksanaan Kegiatan Renovasi RTLH ini.

"Kalau kita lihat keadaan rumah before dan after nya memang keadaan rumah sebelum direnovasi sangat-sangat tidak layak huni, beberapa lantainya juga masih dari tanah, dan atapnya banyak yang bocor,"tuturnya.

Gibran juga berharap ke depan Pemerintah Kota Surakarta bisa terus bersinergi dengan TNI. Sehingga akan semakin banyak warga yang tersentuh program renovasi RTLH.

Renovasi RTLH dan MCK kali ini menyentuh 21 unit rumah di wilayah Kota Surakarta dan 2 Unit MCK umum. Yang mana bila ditambah dengan tahap satu, total ada 31 unit rumah dan 2 MCK Umum. Untuk program selanjutnya di tahap 3 juga sudah mulai berjalan. 

"Hal ini dilakukan sesuai dengan tugas pokok kami selaku TNI yang tertuang dalam undang-undang nomor 34 Tahun 2004 kami membantu Pemerintah, dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sekaligus sesuai dengan arahan Bapak Kasad bahwa TNI memiliki kewajiban untuk menjadi contoh, dan mempelopori serta mengatasi kesulitan rakyat di wilayahnya. Oleh karenanya kami pihak TNI melaksanakan kegiatan renovasi Rehab RTLH kepada Bapak Ibu sekalian yang memang rumahnya sudah harus diperbaiki apalagi menghadapi akhir tahun ini yang banyak perubahan cuaca terutama hujan," terang Dandim dalam sambutannya. 

Ditambahkan bahwa dalam pelaksanaannya pihaknya langsung turun sendiri ke lapangan bersama Danrem untuk melihat kondisi rumah yang akan direnovasi. Dengan begitu bisa diketahui hal apa saja yang harus diperbaiki.  

"Tentunya kami berharap kepada Bapak Ibu sekalian, rumah-rumah yang kita perbaiki dan MCK Umum yang telah direnovasi kami titip untuk dirawat. Sehingga daya pakai atau jangkauan penggunaannya lebih lama. Serta harus dijaga sehingga dapat digunakan dengan baik," pungkasnya. //Hum

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel