POPULER

Naik Pangkat. Begini Cara Anggota Polres Wonogiri Merayakannya

Naik Pangkat. Begini Cara Anggota Polres Wonogiri Merayakannya

WARTAJOGLO, Wonogiri - Aroma wangi bunga tercium semerbak di halaman Mapolres Wonogiri, saat Kapolres Wonogiri AKBP Dydit Dwi Susanto mengguyurkan air bunga ke beberapa anggotanya yang naik pangkat. Di awal tahun 2022 ini sedikitnya 65 anggota Polres Wonogiri mendapat berkah kenaikan pangkat. Yang ditandai dengan upacara Apel Korp Raport Kenaikan Pangkat Reguler TMT 1 Januari 2022. 

Upacara apel itu digelar pada Senin 3 Januari 2022, dan dipimpin langsung oleh Kapolres Wonogiri. Dalam upacara itu tampak hadir pula Wakapolres, PJU Polres Wonogiri dan seluruh Kapolsek Jajaran Polres Wonogiri.

Mandi kembang memang menjadi tradisi sakral yang dijalani anggota Polres Wonogiri, di tiap upacara kenaikan pangkat. Satu persatu mereka diguyur dari ujung kepala dengan menggunakan gayung khusus, yang dilakukan langsung oleh Kapolres. 

Upacara kenaikan pangkat anggota Polres Wonogiri
Kapolres Wonogiri menyiramkan air bunga ke tubuh anggotanya dalam upacara kenaikan pangkat anggota Polres Wonogiri

Usai prosesi sakral itu, puluhan anggota yang lain lantas disiram dengan air meggunakan selang. Sorak soraipun membahana dari para anggota menyambut siraman air itu.

"Personil kita sangat kurang tapi Alhamdulillah di awal tahun ini kita bisa menaikkan pangkat rekan-rekan semua. Dan semua karena dedikasi serta kinerja rekan-rekan semua. Atas nama pribadi dan pimpinan dan keluarga besar Polres Wonogiri saya ucapkan selmat atas kepercayaan pimpinan memberikan pangkat setingkat lebih tinggi," ucap Kapolres usai upacara.

Dalam periode kenaikan pangkat kali ini, anggota Polres Wonogiri yang mendapatkan 'anugerah' adalah 2 personil AKP ke Kompol. Lalu 8 personil IPTU, yang naik jadi AKP, IPDA ke IPTU 8 personil, AIPTU ke IPDA (Pengabdian) sejumlah 4 personel, AIPDA ke AIPTU sejumlah 11 personel, Bripka ke AIPDA 16 personil. Kemudian Brigadir ke Bripka 8 personil, Briptu ke Brigadir 5 personil, serta Bripda ke Briptu ada 2 personil.

"Semakin tinggi pangkatnya, maka tugas dan tanggung jawabnya semakin berat pula. Dan perilakunya harus dapat dijadikan contoh bagi anggota yang lain. Kepercayaan dari pimpinan menjadi konsekwensi yang harus dijalani," tandas Kapolres.

Usai pelaksanaan upacara, acara dilanjutkan dengan syukuran yang digelar di Hall Mapolres Wonogiri. Nasi tumpeng serta beraneka makanan tersaji dalam acara yang disambut suka cita oleh seluruh anggota Polres Wonogiri itu. 

"Alhamdulillah, sekarang pangkat saya jadi AIPTU. Semoga kenaikan pangkat ini bisa membawa berkah," sebut Kasubsi Penmas Humas Polres Wonogiri AIPTU Iwan Sumarsono sambil tersenyum lebar. //Sik

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel