POPULER

Digelar Secara Online, Jumlah Peserta Audisi D'Academy 5 Meningkat. Ternyata Begini Calon Penyanyi yang Dicari

Digelar Secara Online, Jumlah Peserta Audisi D'Academy 5 Meningkat. Ternyata Begini Calon Penyanyi yang Dicari

WARTAJOGLO, Jakarta - Untuk yang ke sekian kalinya, program acara Dangdut Academy (D'Academy) kembali digelar. Proses audisi pun sudah dilakukan, untuk menjaring calon bintang-bintang dangdut baru dari seluruh tanah air.

Memasuki edisi ke-5, D'Academy kali ini akan menerapkan proses audisi yang agak berbeda, yakni dengan sistem online.

Hal ini karena situasi pandemi yang masih merebak, tidak memungkinkan bagi penyelenggara untuk menggelar audisi secara offline.

Namun demikian, sistem online ini justru memberikan keuntungan tersendiri dalam penyelenggaraan D'Academy kali ini. 

Jannah DA5
Raudhatul Jannah, seorang peserta audisi D'Academy 5 asal Situbondo, sedang beraksi saat mengikuti proses audisi online

Sebab semakin banyak peserta yang bisa dijaring. Terlebih tidak ada batasan untuk tiap propinsi dalam mengirimkan wakilnya.

"Kalau sebelumnya tiap propinsi selalu kita batasi hanya satu wakil. Kini hal itu tidak kita terapkan lagi. Jadi nantinya satu propinsi bisa diwakili oleh beberapa penyanyi. Yang terpenting tentunya memenuhi persyaratan yang kita tetapkan, terutama soal kualitas," jelas VP Acquisition Div Head Indosiar, Linda Wibisono dalam wawancara virtual Selasa (15/2/2022).

Linda juga menjelaskan bahwa antusiasme masyarakat terhadap musik dangdut terbilang sangat besar. Karena itulah jumlah peserta tiap tahun selalu bertambah.

"Dengan audisi online ini, jumlah peserta meningkat pesat. Ini menjadi nilai positif, yang menujukkan bahwa antusiasme masyarakat terhadap musik dangdut masih sangat besar," tambah Linda.

Meski demikian, Linda juga menyadari bahwa ada suasana yang berbeda antara audisi online dengan offline. Terutama dari sensasi yang dirasakan. 

"Kalau audisi offline, saat kita datang ke tempat audisi, di sana sudah disambut ratusan peserta. Jadi sensasinya benar-benar terasa," imbuh Linda. 

Beda dengan online yang tidak memunculkan rasa seperti itu. Namun demikian, Linda menjelaskan bahwa dengan online bisa lebih mudah menjangkau para peserta dari berbagai pelosok tanah air. Yang mungkin terkendala jarak saat harus audisi offline.

Sementara untuk juri, salah satunya yang ditunjuk adalah Fildan DA yang menjuarai D'Academy 4.

Fildan ditunjuk karena dipandang memahami bagaimana proses yang dirasakan oleh para peserta, saat memulai perjuangan dari awal. Sehingga nantinya bisa didapatkan para peserta yang benar-benar berkualitas dan berkarakter.

"Untuk D'Academy kali ini, yang dicari adalah para peserta yang benar-benar sudah memiliki karakter. Jadi bukan yang baru bernyanyi. Dengan begitu nantinya dia bisa semakin berkembang saat bergabung dalam kompetisi," jelas Fildan yang juga hadir dalam wawancara virtual. 

Audisi  D'Academy 5 sendiri dimulai pada 7 Februari hingga 31 Maret 2022. Dan untuk mengikutinya, tidak dipungut biaya apapun.
//Bang

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel