POPULER

Ngeri! Varian HIV Sangat Mematikan Ditemukan di Belanda

Ngeri! Varian HIV Sangat Mematikan Ditemukan di Belanda

WARTAJOGLO - Sebuah Varian HIV sangat mematikan terdeteksi di Belanda. Demikian disebutkan dalam studi ilmiah gabungan Big Data Institute (BID) Universitas Oxford dan Yayasan Pemantau HIV Belanda.

Temuan yang dimuat di jurnal Science pada Kamis 3 Februari 2022 tersebut, melakukan analisis terhadap lebih dari 100 pasien HIV. Dan dari situ terungkap, orang-orang terinfeksi varian tersebut, yang dikenal VB, memiliki jumlah virus antara 3,5 sampai 5,5 kali lebih tinggi dalam darah mereka. Sehingga kondisi itu membuat mereka lebih memungkinkan menularkan virus.

Menurut jurnal tersebut, varian VB tampaknya menyebabkan penurunan sel imun. Akibatnya, orang-orang terinfeksi berpotensi menyebarkan AIDS jauh lebih cepat dibanding yang terinfeksi varian HIV lain.

Ilustrasi virus

Namun, jurnal itu menegaskan, varian baru tersebut dapat disembuhkan seperti HIV biasa, dan dapat diketahui melalui tes diagnostik yang sama, yang digunakan untuk varian HIV lain.

Varian baru VB terdeteksi melalui proyek bernama Beehive, yang bertujuan untuk memeriksa hubungan antara genetik HIV dan tingkat keparahan penyakit.

Akan tetapi studi itu mencatat, hanya ada 109 orang yang diketahui pembawa VB, yang 107 di antaranya berada di Belanda. Kemungkinan jumlah orang yang terinfeksi bisa bertambah.

Analisis genetik menunjukkan bahwa varian yang sudah beredar sejak akhir 1980an itu, mulai muncul di Belanda pada 1990an.

Pada 2000an diperkirakan varian tersebut telah melampau varian HIV lain dalam jumlah infeksi. Meski demikian, terjadi penurunan setelah 2008, seperti yang tertulis di jurnal tersebut. //Lis

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close