POPULER

Diikuti Ketua DPRD Sukoharjo, Begini Prosesi Wisuda Uniba Surakarta

Diikuti Ketua DPRD Sukoharjo, Begini Prosesi Wisuda Uniba Surakarta

WARTAJOGLO, Solo - Sedikitnya 296 mahasiswa Universitas Islam Batik (Uniba) Surakarta menjalani proses wisuda pada Sabtu (26/3/2022) pagi di Gedung Graha Sabha Buana Solo.

Dan di tengah situasi pandemi yang sudah mulai mereda, proses wisuda digelar secara offline secara penuh, meski ada 3 orang yang menjalaninya secara online karena menjalani isoman.

"Tahun ini wisuda sarjana memasuki angkatan 50 dan Magister angkatan 29. Dan meski pandemi sudah agak mereda, kami tetap menerapkan protokol kesehatan ketat," ujar Nancy Oktyajati, ketua panitia wisuda saat ditemui di sela-sela acara wisuda. 

Tampak beberapa tamu penting hadir dalam prosesi wisuda, di antaranya para pengurus Yayasan Perguruan Tinggi Islam Batik Surakarta (YAPERTIB), senat serta tamu undangan yang lain.

Rektor Uniba melakukan pemindahan kucir pada salah satu wisudawati dari program Magister

Sementara untuk tahun ini ada salah satu wisudawan yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, yakni Ketua DPRD Kabupaten Sukoharjo, Wawan Pribadi.

Di Uniba, Wawan mengambil program studi Manajemen Sumber Daya Manusia, yang menurutnya sesuai dengan profesinya sebagai anggota dewan.

"Kebetulan karena sebagai anggota DPRD, saya harus bisa selalu menjalin komunikasi dengan masyarakat. Saya juga harus bisa menjaring inspirasi, serta memanage  semua yang berhubungan dengan masyarakat. Karena itu saya mencoba mencocokkan dengan ilmu yang yang saya butuhkan," jelas Wawan usai menjalani prosesi wisuda.

Di Uniba sendiri terdapat 6 program studi dan satu magister. Yang mana untuk Program studi Manajemen meluluskan 106 wisudawan. Lalu program studi Akuntansi meluluskan 53 wisudawan. 

Sementara program studi Ilmu Hukum berhasil mengantarkan 61 mahasiswa mereka untuk meraih gelar sarjana. Program studi Agriteknologi meluluskan sebanyak 10 wisudawan, Program studi Peternakan meluluskan sebanyak 5 wisudawan, dan Program Studi Teknik Industri sebanyak 1 wisudawan. Sedangkan untuk program magister sebanyak 60 lulusan.

Suasana khitmad pun sangat terasa saat satu persatu wisudawan dipanggil ke depan, untuk menjalani pemindahan kucir dan menerima sertifikat. 

Wajah-wajah yang semula tegang, tampak berubah berseri saat mereka telah menjalani prosesi sakral itu. Karena dengan melewati prosesi itu, berarti satu fase kehidupan baru bakal dijalani oleh para wisudawan dan wisudawati ini. Tentunya dengan menyandang gelar sarjana.

"Dari awal berdiri, Uniba telah mewisuda lebih dari 8600 wisudawan dan wisudawati. Semoga ilmu yang mereka dapatkan selama kuliah di Uniba bisa menjadi bekal untuk kehidupan mereka ke depan,"tandas Nancy.

Dalam acara wisuda itu, juga diumumkan nama wisudawan dan wisudawati dengan nilai terbaik dari setiap program studi. Untuk program magister nilai tertinggi diraih Joko Sugiyarto dengan IPK 4,00. lalu Prodi Agroteknologi diraih oleh Fatihah Danu Ega dengan IPK 3,66. Prodi Peternakan diraih Fachmi Apriyanto dengan 3,76. Prodi Ilmu Hukum diraih Denia Rachma Fajriani dengan IPK 3,92. Prodi Manajemen oleh Rageel Tri Pitoyo dengan IPK 3.95 dan Akuntansi oleh Ari Subekti dengan IPK 3.92. //Bang

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel