POPULER

Gelar Bhakti Sosial, Ratusan Anggota PSHT Kobaret Solo Raya Bagikan Paket Sembako

Gelar Bhakti Sosial, Ratusan Anggota PSHT Kobaret Solo Raya Bagikan Paket Sembako

WARTAJOGLO, Solo - Ratusan pria berpakaian serba hitam terlihat berkumpul di tepi jalan kawasan Ngarsopuro, Kota Solo pada Minggu (24/4/2022).

Mereka adalah anggota Komando Barisan Terate (Kobaret), yang merupakan bagian dari PSHT (Persaudaraan Setia Hati Terate) Solo raya.

Para anggota Kobaret ini sengaja berkumpul karena hendak menggelar kegiatan sosial, yakni berbagi paket sembako ke warga tidak mampu.

Sedikitnya 200 paket berisi gula, minyak dan beberapa barang kebutuhan pokok lain dibagikan ke para warga yang berhak. 

Di antara mereka yang menerima paket sembako itu adalah para tukang becak, tukar parkir serta warga lain yang dipandang memenuhi kriteria sebagai penerima.

Warga antri menerima paket sembako dalam kegiatan bhakti sosial PSHT Kobaret Solo raya
Sriyanto atau yang akrab disapa Pakde Yanto selaku Dewan Kadang Sepuh PSHT menerangkan bahwa sebagai wujud kepedulian sosial, para anggota Kobaret selalu mengulurkan tangan untuk membantu orang yang membutuhkan.

"Ini adalah bagian dari ajaran di perguruan PSHT untuk menjunjung tinggi persaudaraan serta berbudi pekerti luhur, serta tentunya bisa memayu hayuning bawono. Karena itulah salah satu bentuknya kita menggelar acara bhakti sosial," jelasnya.

Tak hanya berbagi sembako, para anggota Kobaret juga menyerahkan bantuan kepada para anggota PSHT yang sedang menjalani proses hukum di rumah tahanan (Rutan). 

Karena itu pula, para anggota Kobaret ini melakukan aksi jalan kaki dari Ngarsopuro menuju Rutan Solo yang berada di kawasan Gladag.

Di tengah perjalanan itulah, mereka membagi-bagikan paket sembako. Satu per satu warga kurang mampu terutama tukang becak menghampiri mereka untuk mendapatkan paket sembako.

Sesampai di depan rutan, mereka berkumpul bersama dan meneruskan pembagian sembako. Hingga puluhan tukang becak dan warga tak mampu berbondong-bondong mendatangi anggota Kobaret.  

Usai berbagi para anggota Kobaret lantas berfoto bersama di depan rutan, sebagai simbol aksi solidaritas kepada para anggota PSHT yang sedang menjalani masa tahanan di rutan.

“Ini adalah bentuk kepedulian kami sebagai keluarga besar PSHT Kobaret Solo raya kepada warga kurang mampu. Kami juga memberikan sumbangan kepada anggota yang sedang menjalani masa hukuman di rutan, sebagai bentuk rasa persaudaraan yang tulus. Semoga kegiatan ini bisa terus ditingkatkan ke depannya," tandas Dr. BRM Kusumo Putro SH MH selaku juru bicara dan sesepuh bagian hukum dan advokasi Kobaret Solo raya. //sik

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close